Sukses

Ini Skutik Pertama di Indonesia yang Punya Fitur 'Anti Maling'

Autosafe merupakan yang pertama kali diterapkan pada motor matik di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi menyingkap skutik pertama dengan fitur anti maling, new GT Eagle Eye Special Edition. Melalui model ini, pabrikan berlambang garpu tala itu berharap dapat memberikan solusi roda dua yang aman.

"Dengan kondisi sekarang yang makin rawan kejahatan, maka Yamaha menciptakan fitur Autosafe atau anti maling ini untuk meningkatkan keamanan motor sekaligus pengendaranya," terang Asisten GM Pemasaran PT YIMM, Mohammad Masykur di Media Clinic Motor Anti Maling di Kantor Pusat YIMM, Pulo Gadung, Jakarta, Senin (4/5/2015).

Tak cuma memberikan keamanan lebih ke pengendara roda dua, Masykur melanjutkan bahwa fitur ini merupakan yang pertama kali diterapkan pada motor matik di Indonesia.

Adapun, Autosafe sendiri memiliki dua komponen utama, yakni modular dan remote control. Untuk modular menggunakan voltase 12 V DC, current standby 4,5 mA, dan sirene drive maksimum 2 A. Sementara remote control-nya, memiliki power supply 6 V DC (2XCR2016), current consumption kurang dari 4,7 mA dengan frekuensi radio 433,92 MHz kurang lebih 50 kHz.

Dijelaskan, Autosafe menerapkan  tiga fungsi utama, yakni Auto Immobilizer, Auto Alarm, dan Auto Finder.

Untuk Auto Immobilizer, mesin motor tidak akan Menyala sebelum menekan tombol unlock walau menggunakan kunci asli sekalipun. Motor juga akan berbunyi secara otomatis jika kunci motor dibuka dalam posisi pengaman dalam kondisi aktif. Fungsi ini bekerja melalui sistem Auto Alarm yang ada pada Yamaha GT Eagle Eye Special Edition.

Untuk fungsi yang lain, yakni Auto Finder, memungkinkan si pengendara dapat dengan mudah menemukan motor dengan cara menekan tombol Lock selama dua detik. Lampu sein akan berkedip serta sirine berbunyi sebanyak enam kali.

(gst/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini