Sukses

Cukup Bayar Rp 500 Ribu, Skutik Yamaha Anda Dijamin Anti Maling

Keamanan belakangan jadi isyu menakutkan di Indonesia. Agar tidak mudah dimaling, Yamaha menawarkan Autosafe.

Liputan6.com, Jakarta Tak cuma tersedia pada New GT Eagle Eye Special Edition, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) turut menyediakan komponen Autosafe yang bisa dipasang ke skutik Yamaha. Untuk menebusnya, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 400-500 ribu.

Riyadi P, Manager Technical Service PT YIMM menjelaskan, langkah ini sengaja dilakukan Yamaha sebagai solusi keamanan untuk sepeda motor, khususnya yang bertipe matik.

"Dasar pemikiran, kami ingin buat sistem keamanan anti maling yang sudah ada di mobil," kata dia.

Nah, komponen Autosafe sendiri, diklaim Riyadi mudah dipasang, tahan air, dan bergaransi. Dibandingkan produk aftermarket, komponen buatan Yamaha Indonesia pun berkualitas.

"Untuk immobilizer-nya garansi 1 tahun dan remote control-nya enam bulan," imbuh dia.

Menyoal model yang bisa menggunakan komponen ini secara plug and play, baru GT 125 dan Xeon RC. Rencananya, skutik model lain pun akan bisa memakai Autosafe.

Ada tiga fungsi utama Autosafe, yakni Auto Immobilizer, Auto Alarm, dan Auto Finder.

Untuk Auto Immobilizer, mesin motor tidak akan menyala sebelum menekan tombol Unlock walau menggunakan kunci asli sekalipun. Motor juga akan berbunyi secara otomatis jika kunci motor dibuka dalam posisi pengaman dalam kondisi aktif. Fungsi ini bekerja melalui sistem Auto Alarm yang ada pada Yamaha GT Eagle Eye Special Edition.

Kemudian fungsi lainnya, yakni Auto Finder, memungkinkan si pengendara dapat dengan mudah menemukan motor dengan cara menekan tombol Lock selama dua detik. Lampu sein akan berkedip serta sirine berbunyi sebanyak enam kali.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini