Sukses

Hypercar Listrik Toroidion 1MW Tawarkan Tenaga Raksasa

Era mobil listrik sudah di depan mata, pabrikan kecil asal Finlandia tergoda untuk menciptakan hypercar bertenaga 1.341 Tk.

Liputan6.com, Finlandia Sebuah pabrikan otomotif skala kecil asal Finlandia berhasil memproduksi mobil listrik dengan tenaga super. Hypercar listrik yang diberi nama Toroidion 1MW memiliki tenaga 1.341 Tk.

Melansir CNN Money pada Kamis (7/5/2015), tenaga raksasa tersebut harus dibayar dengan biaya yang juga mahal. Menurut CEO Torodion, Pasi Pennanen, hypercar ini kemungkinan dibanderol sekira US$ 1,5 juta hingga US$ 3,5 juta.

Meskipun sangat mahal, Pennanen memprediksi harga mobil ini akan turun jika diproduksi massal. Adapun produksi untuk saat ini hanya dibatasi sebanyak 100 unit saja yang akan dikirimkan ke konsumen dalam waktu sekira 2 tahun.

Toroidion yang diresmikan pada pertengahan April lalu oleh Pangeran Monaco Albert II ini dibangun dalam waktu empat tahun. Adapun pekerja yang dilibatkan untuk membangun mobil ini hanya berjumlah 15 orang.

Tidak seperti mobil listrik lain, baterai Toroidion dapat dicopot sehingga dapat diisi ulang di dalam rumah. Baterai juga dapat diisi ulang melalui colokan yang ada pada bagian depan dan belakang mobil. Bagasinya pun diklaim cukup luas untuk ukuran hypercar.

Selain itu, jika biasanya mobil listrik dan hibrida dikenal dengan suaranya yang tidak bising, Toroidion 1MW justru menawarkan sensasi suara yang menggelegar, meskipun tidak akan sampai mengganggu pendengaran.

Dengan kecepatan maksimal 200 km/jam dan tenaga 1.341 Tk, Toroidion 1MW akan menjadi saingan berat Tesla yang sudah lebih dulu dikenal sebagai mobil listrik yang juga menawarkan agresivitas.

(rio/sts)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Tesla