Sukses

Produksi Daihatsu Melibatkan 792 Ribu Karyawan

ADM memiliki fasilitas terpadu yang melakukan semua proses produksi hingga pencapaian unit ke 4 juta pada 2015.

Liputan6.com, Jakarta PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan telah memproduksi 4 juta unit mobil memasuki 2015. ADM sendiri melakukan produksi pertama kali pada tahun 1978.

Direktur Manufaktur ADM Pongky Prabowo mengatakan, pencapaian tersebut tak lepas dari dua fasilitas perakitan kendaraan (assembly plant) yang berada di Sunter dan Karawang Timur. Dari kedua fasilitas tersebut, Daihatsu dapat memenuhi kapasitas produksi hingga 530.000 unit per tahun. Selain itu, ADM juga memiliki pabrik mesin (engine plant) di Kawarang Barat.

"ADM memiliki fasilitas terpadu yang melakukan semua proses produksi," katanya kepada wartawan di  Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Pongky memaparkan, 4 juta unit disumbang oleh produk Daihatsu sebesar 2,07 juta unit, Toyota 1,9 juta unit. Ditambahkannya, ADM sendiri memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor. Produk ADM telah diekspor ke 48 negara tujuan di Asia, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin.

"Hal ini membuktikan bahwa kualitas produk ADM telah memenuhi standar kualitas global," ujarnya.

Di sisi lain, produksi mobil ADM telah memaksimalkan lokal konten.

"Tingkat kandungan lokal produk-produk ADM secara rata-rata ini mencapai 86 persen. ADM bekerjasama dengan 261 perusahaan pemasok komponen lapis pertama (first tier) dan 1.105 pemasok komponen lapis kedua (second tier) yang melibatkan lebih dari 792 ribu karyawan," tandasnya.

(amd/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.