Sukses

Tidak Mungkin Gunakan 100 Persen Komponen Lokal, Benarkah?

ADM saat ini telah mencapai 86 persen komponen lokal. Kuantitas tersebut adalah jumlah tertinggi yang bisa diperoleh.

Liputan6.com, Jakarta Tingkat komponen lokal untuk produk-produk PT Astra Daihatsu Motor (ADM) saat ini telah mencapai 86 persen. Pencapaian tersebut diutarakan ADM dalam seremoni pencapaian produksi 4 juta unit di kawasan Sunter, Kamis (7/5/2015).

Menurut ADM, kuantitas komponen tersebut adalah jumlah tertinggi yang dapat diperoleh. ADM mengakui adanya keterbatasan struktur industri sehingga tidak memungkinkan kuantitas komponen lokal untuk mobil mencapai 100 persen.

"Di Indonesia, ada keterbatasan struktur industri yang belum memungkinkan membuat 100 persen," kata Pongky Prabowo, Sunter Assembly Plan Director PT ADM.

Pongki kemudian memberikan contoh. "Misal baut dan mur, meskipun banyak dijual di sini, tapi sebagian besar untuk infrastruktur seperti jembatan atau gedung, bukan untuk mobil," katanya.

Padahal, menurut Pongky, part lokal memiliki lebih banyak keuntungan, misalnya lebih mudah memasoknya dan harga yang lebih murah. "Supplier lokal cuma perlu 2 jam untuk antar, kalau luar, bisa sampai satu minggu," aku Pongky.

Ia sendiri mengatakan bahwa ADM akan terus melakukan studi terhadap komponen-komponen lokal. Meskipun sampai saat ini prioritas utama ADM memanglah supplier lokal.

Pongky melanjutkan, supplier lokal memang harus terus dikembangkan, jika supplier lokal sudah semakin maju, bukan tidak mungkin kandungan lokal mencapai 100 persen. "Secara teori, 100 persen komponen lokal itu mungkin," tutup Pongky.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini