Sukses

Gunakan Pikap dari Amerika, Tentara Perancis Diprotes

Tentara Nasional Perancis mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan pikap Ford Ranger sebagai kendaraan operasional

Liputan6.com, Paris - Tentara Nasional Perancis mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan pikap Ford Ranger sebagai kendaraan operasional off-road. Sebanyak 1000 unit pikap dibelinya.

Mengutip New York Times, Senin (9/5/2015), penggantian ini dilakukan karena pikap yang ada sudah tidak memadai lagi. Saat ini, tentara Perancis setidaknya menggunakan pikap Peugeout P4 dan Dacia Duster buatan Renault.

Respon pun bermunculan. Ada yang mengatakan bahwa langkah tersebut sama saja dengan tidak menghargai pabrikan otomotif dalam negeri yang dianggap mampu melakukan hal serupa.

Komentar ini ditampik oleh pihak Tentara Perancis. Menurut mereka, yang dicari adalah kualitas kendaraan. Secara kapasitas, pikap Ford memang lebih besar dibanding kendaraan Perancis.

Menurut sumber yang sama, kendaraan Perancis masih bisa digunakan, tetapi tidak untuk pikap. Adapun pengadaan pikap baru ini akan terus dilakukan dalam beberapa tahun ke depan.

Untuk diketahui, pengadaan mobil militer dari luar negeri memang telah menjadi isu tersendiri yang cukup rumit. Beberapa tahun lalu, militer Amerika Serikat mengalami hal serupa.

Pada 2008, Pentagon memutuskan untuk menggunakan jasa pabrikan Eropa untuk memenuhi kebutuhan airbus. Protes pun menyeruak sampai Pentagon memutuskan untuk merevisi kontrak.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini