Sukses

Pantau Pencuri Mobil Kamera Pengintai Diselipkan di Kaktus

Sejumlah kamera pengintai dipasang di pohon kaktus palsu di seluruh kota. Kamera ini mampu melacak pencuri mobil.

Liputan6.com, Paradise Valley - Ada-ada saja sistem keamanan di salah satu kota di Arizona, Amerika Serikat (AS) ini. Mereka memiliki kamera pengintai yang dipasang di pohon kaktus palsu di seluruh kota. Kamera ini mampu mengidentifikasi mobil curian.

Melansir The Verge pada Selasa (12/5/2015), kota Paradise Valley sebetulnya telah memasang kamera pemindai sejak Februari lalu. Tetapi, baru kali ini kamera dipasang di kaktus palsu. Polisi mengklaim tidak akan ada yang mampu menemukannya.

Menurut polisi, hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi mobil-mobil curian. Ia juga digunakan untuk melacak pergerakan mobil yang dicurigai. Meskipun begitu, ada pula yang menganggap teknologi ini dapat mengganggu privasi orang lain.

Menurut pemerintah kota, kaktus tersebut bukan disediakan untuk menyembunyikan kamera. "Penyamaran tersebut hanyalah upaya agar kamera terlihat lebih menarik," kata manajer kota, Kevin Burke.

Burke juga mengatakan bahwa meskipun telah siap, kamera belum dihidupkan. Ia ingin memastikan warga kota benar-benar paham dengan sistem ini. Ia ingin menjawab semua pertanyaan warga kota sebelum mengaktifkan kamera.

Untuk diketahui, Paradise Valley tidaklah asing dengan kamera lalu lintas. Kepolisian kota ini bahkan menjadi kepolisian pertama yang menggunakan alat ukur canggih dengan fotografi dan komputer untuk menegakkan hukum berlalu lintas.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini