Sukses

Enam Merek Adu Sistem Pendeteksi Pejalan Kaki, Siapa Menang?

Enam merek mobil adu hebat sistem pendeteksi pejalan kaki. Siapa yang menang?

Liputan6.com, Berlin - Sistem keselamatan berkendara semakin modern. Salah satunya adalah sistem pendeteksi pejalan kaki. Dengan sistem ini, mobil akan mendeteksi pergerakkan pejalan kaki dan akan mengerem langsung jika pejalan kaki berpotensi tertabrak. Sekalipun pengemudi tidak menyadarinya.

Untuk menguji sistem ini, majalah Jerman bernama Auto Motor und Sport melakukan serangkaian uji coba. Mereka mengumpulkan enam merek dan menguji sistem pendeteksinya dengan menggunakan dummy yang disimulasikan sedang menyebrang jalan.

Mobil yan diuji coba adalah VW Up!, Nissan Qashqai, MINI Cooper S, Subaru Outback, Mercedes-Benz C-Class, dan Volvo V60. Mereka akan dikemudikan seperti biasa. Pada jarak beberapa meter, mobil akan mengerem dan berhenti. semakin depat mengerem dan berhenti, mobil semakin hebat karena mengurangi resiko terjadinya tabrakan.

Manakah merek mobil yang paling baik sistem pendeteksi pejalan kakinya? Apakah Mercy? Volvo? atau VW? Ternyata, dari enam mobil yang diuji, semuanya menabrak dummy, kecuali satu mobil yang berhenti tepat sebelum menabrak dummy. Penasaran? Berikut videonya:

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.