Sukses

Toyota dan Nissan Tarik 6,5 Juta Mobil, di Mana Saja?

Toyota Motor dan Nissan Motor menarik kembali (recall) lebih dari 6,5 juta mobil karena rusaknya inflator airbag yang dibuat Takata Corp.

Liputan6.com, Aichi - Toyota Motor dan Nissan Motor menarik kembali (recall) lebih dari 6,5 juta mobil karena rusaknya airbag yang dibuat Takata Corp. Sebelumnya, Honda juga mengalami hal serupa.

Melansir Automotive News, Kamis (14/5/2015), Toyota akan menarik 5 juta unit Corolla, Vitz/Yaris, serta model lain. Sementara Nissan juga akan menarik sebanyak 1,5 juta unit. Belum ada laporan kerugian fisik dari konsumen kedua pabrikan tersebut.

Toyota mengatakan akan mengganti airbag Takata tersebut dengan produksi dari Daicel Corp. Selain itu, penarikan juga dilakukan untuk tujuan investigasi. Adapun mobil yang terkena penarikan produksi dari Maret 2003 hingga November 2007.

Penarikan kembali Toyota melibatkan 35 model yang tersebar di banyak negara. Sementara Nissan tidak memberikan rincian model apa saja yang diindikasikan rusak. Lantas, di negara mana saja recall akan dilakukan?

Menurut sumber yang sama, penarikan Toyota mencakup 1,36 juta unit di Jepang, 1,27 juta unit di Eropa, 637 ribu di Amerika Serikat, serta 18 ribu unit di Kanada. Sementara untuk Nissan, penarikan dilakukan di Eropa, Amerika Utara, Jepang, dan Tiongkok.

Untuk diketahui, insiden yang dikenal Takata Airbag ini telah memakan korban jiwa, yaitu enam orang konsumen Honda. Setidaknya, sudah ada 105 orang cedera parah. Takata Corp kemudian digugat oleh pabrikan dari Amerika dan Kanada.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini