Sukses

Tips Aman Tinggalkan Mobil Saat Liburan

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum meninggalkan mobil untuk liburan bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang pergi berlibur dengan menggunakan mobil. Tetapi, tidak sedikit juga yang memilih alat transportasi lain seperti bis, kereta api, pesawat, dan moda transportasi lain. Tentu semuanya dengan pertimbangan masing-masing.

Bagi keluarga yang tidak menggunakan mobil, seringkali saat pulang berlibur mendapati berbagai masalah pada mobil. Misalnya, mobil jadi sangat kotor atau bahkan hilang karena dicuri perampok. Tentu, hal-hal seperti ini harus diantisipasi.

Nah, menjelang liburan panjang akhir pekan ini, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal agar mobil yang Anda tinggali tidak mengalami kerusakan. Pertama-tama, tentu saja simpan kendaraan Anda di dalam garasi yang terkunci rapat.

Kemudian, lepaskan juga rem tangan. Hal ini berguna untuk mengurangi karat pada rem mobil yang akan lama tidak digunakan. Jika pergi dalam waktu cukup lama, buka sedikit bagian jendela untuk memberikan udara di dalam mobil.

Agar mobil tetap bersih, tutup mobil dengan penutup mobil. Ganti pula oli dan isi penuh bensin. Hal ini berguna untuk mengurangi karatan dalam mesin mobil. Jauhkan juga mobil dari tempat berbahaya, misalnya bahan yang mudah terbakar.

Tips lainnya yang dapat Anda lakukan adalah isi penuh angin ban dan taruh penyangga. Hal ini harus dilakukan agar mobil tidak bergeser karena rem tangan yang dilepas. Agar semakin aman, kunci stir dengan alat pengunci.

Dengan mengikuti semua tips ini, mobil yang ditinggal selama liburan akan tetap terjaga kondisinya. Anda pun dapat dengan tenang meninggalkan mobil selama liburan dan tidak akan kerepotan mengurusi mobil setelah kembali lagi ke rumah.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini