Sukses

Knalpot Motor 'Ngebul'? Ini Sebabnya

Pernahkan Anda melihat, atau bahkan mengalami sendiri, knalpot motor bebek yang mengeluarkan asap putih?

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkan Anda melihat, atau bahkan mengalami sendiri, knalpot motor bebek yang mengeluarkan asap putih? Mula-mula asapnya tipis, tapi lama kelamaan jadi tebal. Jika ya, maka artinya motor tersebut sedang bermasalah.

Pada motor 2 tak, asap yang keluar pada knalpot adalah hal yang baik. Asap putih yang keluar menandakan oli samping sudah tercampur dengan bensin di ruang bakar. Masalahnya, cara kerja ini tidak berlaku di motor bebek (4 tak).

Berbeda dengan motor 2 tak, motor bebek tidak menggunakan oli samping. Artinya, jika keluar asap putih dari knalpot, maka dapat dipastikan asap tersebut berasal dari oli yang merembes ke ruang bakar. Tetapi, mengapa oli bisa merembes?

Faktor yang cukup berpengaruh pada keluarnya asap terletak pada rusaknya piston. Dalam kondisi normal, ring piston berfungsi untuk memberikan lapisan pelumas pada dinding ruang bakar sehingga mesin tidak overheat.

Jika sistem ini mengalami keausan, maka ring piston yang tadinya berguna untuk memberi lapisan pelumas justru bocor. Akhirnya, oli pun masuk ke ruang bakar dan tercampur dengan bensin dan menjadi asap putih.

Tentu, jika hal in didiamkan, motor akan mengalami sejumlah masalah. Misalnya, karena asap putih berasal dari oli, maka yang paling jelas adalah oli akan cepat habis. Akibatnya bisa sangat fatal bagi mesin secara keseluruhan.

Efek lain yang akan muncul adalah motor akan kehilangan tenaga. Selain itu, ruang bakar juga akan cepat dilapisi kerak. Jika ini terjadi, maka ruang bakar menjadi sempit, pembakaran akan tidak sempurna serta performa mesin akan menurun.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini