Sukses

Penyebab Knalpot 'Nembak-nembak'

Ini biasanya terjadi saat gas ditutup penuh secara cepat dalam kondisi melaju.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu masalah pada knalpot sepeda motor adalah ketika mengeluarkan bunyi menembak. Ini biasanya terjadi saat gas ditutup penuh secara cepat dalam kondisi melaju.

Masalah bunyi letupan tersebut terjadi karena beberapa faktor. Beberapa di antaranya adalah karena tidak normalnya asupan bahan bakar, masalah pada sistem pengapian hingga sistem pembuangan.

Asupan bahan bakar tidak normal terjadi karena rusaknya komponen penyuplai udara bersih ke ruang bakar. Misalnya, karena air screw pada karburator yang kondisinya sudah buruk atau aus.

Selain itu, busi juga menjadi penyebab lain timbulnya suara letupan. Hal ini terjadi karena elektroda busi sudah berkerak atau terlalu lembab sehingga percikan api yang ditimbulkan menjadi tidak stabil.

Packing knalpot yang sudah rusak dan mur yanh tidak kencang juga bisa menjadi penyebab. Ini menghasilkan celah antara pangkal knalpot dengan saluran buang mesin. Gas buang bocor dan akhirnya suara tembakan terjadi.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini