Sukses

Kim Jong-un Belajar Nyetir di Usia 3 Tahun

Sebuah buku teks baru Korea Utara mengatakan bahwa pemimpin tertinggi mereka, Kim Jong-un, belajar mengemudi saat baru berusia tiga tahun.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah buku teks Korea Utara berjudul Revolutionary Activities mengatakan bahwa Pemimpin Tertinggi mereka, Kim Jong-un, belajar mengemudi saat baru berusia tiga tahun. Buku ini diperuntukkan bagi pelajar menengah dan tinggi.

Melansir Dailymail pada Senin (25/5/2015), buku yang dipublikasikan bulan lalu ini adalah bentuk indoktrinasi agar generasi mendatang patuh pada Pemimpin Tertinggi mereka. Hal yang sama pernah dilakukan ayah dan kakek Kim.

Meskipun begitu, teks lengkap yang menyebutkan hal tersebut tidak dikutip Dailymail. Selain itu, beberapa narasi lain juga melebih-lebihkan --dan bahkan sangat tidak bisa dipercaya-- tentang masa kecil Kim Jong-un.

Misalnya, buku tersebut menyebutkan betapa luar biasanya Kim yang mampu berlayar sendirian pada usia 9 tahun. Buku tersebut juga mengatakan bahwa Kim kecil bisa menggambar dengan sangat baik dan mengaransemen musik.

Kim Jong-un (Telegraph.co.uk)

Menanggapi buku ini, Lee Seok-young, direktur Radio Free Chosun dari Korea Selatan memberikan komentari. Menurutnya, guru-guru di Korea Utara akan sangat kesulitan untuk mengajarkan hal ini di seluruh sekolah.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini