Sukses

Tak Semua Plat Nomor Bermakna Cabul Dilarang di Inggris

DVLA malah tetap memperbolehkan plat bertuliskan PEN15 and ORG45M.

Liputan6.com, London - Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA) atau otoritas plat nomor di Inggris beberapa waktu lalu merilis deretan plat nomor yang haram digunakan oleh para pemilik mobil. Otoritas ini juga mencegah daftar plat tersebut diedarkan karena berpotensi menyinggung pengguna jalan lainnya.

Melansir laman Mirror, Senin (25/5/2015), sepanjang 2015, DVLA telah melarang peredaran plat nomor yang bertuliskan P15 OFF, PR15 SON, PU15 SSY, SH15 TTY, UP15 BUM and WA15 TED. Tak luput, plat bertuliskan VA61ANA and BL03 JOB juga ikut dilarang.

Lebih lanjut, DVLA juga melarang penggunaan plat nomor seperti JE55US dan AL14LAH karena dianggap akan menyinggung agama tertentu. Sebelumnya, otoritas ini melarang seorang pria dengan nama tengah Islam menggunakan plat nomor bertuliskan 15LAM karena dianggap tidak pantas.

"Nomor registrasi yang sengaja ditahan tersebut akan menyebabkan pelanggaran umum atau mempermalukan suatu pihak jika telah ditampilkan," ujar juru bicara DVLA.

Juru bicara DVLA juga menjelaskan jika larangan penerbitan plat nomor dapat mengacu alasan politik, ras, atau sensitivitas dalam hal agama. Bahkan, selera yang rendah pun juga termasuk dalam kriteria DVLA saat menerbitkan plat nomor.

Namun begitu, DVLA malah tetap memperbolehkan plat bertuliskan PEN15 and ORG45M dipergunakan oleh pemilik mobil.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini