Sukses

Kandungan Lokal Honda BeAT Capai 98,8%

Skutik ini menggunakan 98,8 persen komponen lokal hasil karya anak bangsa dengan basis produksi di pabrik AHM Cikarang.

Liputan6.com, Cikarang - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi mengekspor All New Honda BeAT eSP ke Filipina. Skutik ini menggunakan 98,8 persen komponen lokal hasil karya anak bangsa dengan basis produksi di pabrik AHM Cikarang.

Dijelaskan, AHM didukung oleh 1.180 supplier produsen komponen lokal dan melibatkan lebih dari 76 ribu karyawan. Adapun untuk Honda BeAT eSP ini sendiri melibatkan sejumlah 86 perusahaan dalam negeri binaan AHM.

Johannes Loman, Executive Vice President PT AHM, mengatakan jika ekspor yang dilakukan PT AHM ini akan menciptakan multiplier effect yang positif di rantai bisnisnya terutama di kalangan produsen komponen.

"Dukungan perusahaan komponen nasional yang memiliki daya saing tinggi dari sisi kualitas dan biaya menjadikan AHM mampu memberikan produk dengan harga kompetitif dan berkualitas tinggi," ujar Loman , Selasa (26/5/2015).

Selain melakukan ekspor sepeda motor, PT AHM melalui anak perusahaan dan jaringan bisnisnya juga melakukan ekspor komponen sepeda motor dengan nilai mencapai Rp 853 miliar per tahun dan akan meningkat kedepannya.

Adapun komponen-komponen yang telah diekspor antara lain berupa disc brake, rear cushion, fuel pump, light assy head, body assy, piston, dan komponen lainnya. Tujuan ekspor komponen ini meliputi negara-negara di lingkup ASEAN, Asia, Eropa, hingga Amerika.

"Kami berharap ekspor unit dan komponen sepeda motor Honda inivdapat memberikan manfaat besar bagi industri komponen dalam negeri," ujarnya.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.