Sukses

Hyundai Sonata Jadi Mobil Pertama yang Ditanamkan Android Auto

Untuk pertama kalinya OS Android digunakan pada mobil. Pabrikan pertama yang melakukannya adalah Hyundai dengan model 2015 Sonata.

Liputan6.com, California - Jika selama ini pabrikan otomotif kerap menggunakan sistem operasi iOS pada fitur hiburannya, kali ini, untuk pertama kalinya sistem operasi Android digunakan. Pabrikan otomotif pertama yang melakukannya adalah Hyundai.

Seperti yang dilansir Automotive News, Rabu (27/5/2015), model pertama yang akan ditanamkan Android Auto adalah Sonata 2015. Android Auto menyediakan berbagai fitur seperti personal reminders, prediksi cuaca dan entertainment.

"Kami memiliki kesempatan besar menjadi yang pertama. Saya pikir konsumen akan cepat melihat manfaat dan menemukan alasan untuk menggunakan kendaraan dengan teknologi ini," kata Cason Grover, senior manajer Hyundai Motor America.

Untuk dapat menggunakan Android Auto, pemilik Sonata harus memiliki ponsel yang kompatibel, yaitu smartphone yang memiliki OS Android 5.0 atau Lollipop. Saat dihubungkan melalui micro USB, ponsel tidak akan berfungsi.

Untuk dapat menggunakan Android Auto, pengguna harus memiliki Sonata yang memiliki fitur Hyundai's 8-inch navigation screen. Di Amerika Serikat (AS), harga Android Auto US$ 550 atau sekira Rp 7,2 juta (Kurs: Rp 13.221/US$).

Sementara itu, pengguna Sonata 2015 yang telah dilengkapi dengan sistem navigasi tinggal mengunjungi dealer terdekat untuk pembaruan perangkat lunak tanpa dikenakan biaya. Android Auto hanya dapat digunakan dengan software terbaru.

Untuk diketahui, Android Auto adalah sistem operasi Android yang khusus dibuat Google untuk mobil dan diresmikan pada Maret lalu. Saat itu, tidak kurang 25 pabrikan otomotif siap menerapkan teknologi ini pada mobilnya.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.