Sukses

Honda Akan Pecahkan Rekor Mobil Berbahan Bakar Paling Efisien

Honda berencana pecahkan rekor Guinness Book sebagai mobil paling hemat bahan bakar.

Liputan6.com, Tokyo - Pada 1 Juni nanti, dua pekerja Honda R & D akan menjajal Civic Tourer bermesin diesel i-DTEC 1.6 liter untuk melewati seluruh negara Eropa sejauh 13.600 km. Perjalanan mereka akan dimulai dan juga berakhir di Aalst, Belgia.

Test drive jarak jauh tersebut tentu berasalan. Melansir Motoroids, Kamis (28/5/2015), Honda berencana memecahkan rekor Guinness World Record sebagai mobil yang paling hemat bahan bakar. Adapun perjalanan mereka akan berlangsung selama 25 hari.

Agar rekor tersebut terpecahkan dan diakui Guinness World Record, mobil yang digunakan harus standar dan dua pengemudi harus benar-benar ada di dalam mobil. Honda sendiri telah mempersiapkan berbagai bukti yang dibutuhkan tersebut.

Menurut sumber yang sama, beberapa bukti yang dibutuhkan adalah catatan bahan bakar, pembacaan GPS, video, foto hingga tanda tangan saksi independen. Adapun tingkat konsumsi nantinya akan diukur dalam liter/100 km.

Jika perusahaan asal Jepang ini berhasil, maka Honda Civic Tourer akan diakui sebagai mobil paling hemat bakan bakar di dunia dengan titel 'Lowest Fuel Consumption – all 24 contiguous EU countries’, baik untuk versi hibrida atau elektrik.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.