Sukses

Ratusan Mobil Klasik Terancam Punah

Di Inggris, ada lebih dari 600 tipe mobil klasik yang berada di ambang kepunahan.

Liputan6.com, London - Meskipun minat terhadap mobil klasik semakin tinggi, tetapi hal tersebut tidak dibarengi dengan keberadaan mobil itu sendiri. Contohnya di Inggris. Di sana, lebih dari 600 tipe mobil klasik berada di ambang kepunahan.

Menurut Departemen Transportasi Inggris seperti yang dikutip Autoexpress, Kamis (28/5/2015), dari 638 tipe yang ada, beberapa di antaranya hanya tersisa kurang dari 10 unit, sementara 222 di antaranya hanya ada 1 unit yang tercatat.

Termasuk di antara mobil klasik langka tersebut adalah Aston Martin DB1, mobil sport pertama yang dibangun Aston Martin 1948. Selain itu terdapat juga Land Rover 127, cikal bakal Defender, yang hanya tinggal tersisa satu unit saja.

Selain itu, salah satu mobil klasik yang cukup cepat menghilang adalah Ford Sierra. Pada 1994, ada lebih dari 1 juta Sierra, tetapi saat ini hanya tersisa 3.765 unit saja. Nasib yang sama dialami Chevrolet Cavalier yang tinggal 5.458 unit saja.

Menurut sumber yang sama, analisa terhadap 30 juta kendaraan ini juga menemukan adanya tren restorasi pada mobil-mobil tua. Misalnya, Daimler XJ6 yang direstorasi pada 2014 atau Bristol 404 yang saat ini sudah ada tujuh unit.

Untuk diketahui, masyarakat Inggris memang cukup hobi dengan mobil klasik. Di sana, misalnya, terdapat pagelaran mobil-mobil klasik bertajuk Festival Unexceptional. Festival ini digelar tahunan dan akan kembali pada Juli nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.