Sukses

Mobil Makin Canggih Bukan Jaminan Selamat

Fitur-fitur itu memang dapat meminimalisir kecelakaan di jalan serta meningkatkan kenyamanan berkendara.

Liputan6.com, Nusa Dua - Tentu, manusia punya kemampuan untuk menciptakan mobil canggih yang mengemas seabrek fitur untuk meningkatkan keselamatan pengemudinya. Tapi, apakah makin canggih mobil berarti jaminan selamat?

Tunggu dulu, fitur-fitur itu memang dapat meminimalisir kecelakaan di jalan serta meningkatkan kenyamanan berkendara, tapi semuanya hanya bersifat suplemen.

Sehingga, kata Product Planning Expert PT Mazda Motor Indonesia (MMI), Bonar Pakpahan, faktor utama adalah si pengemudi sendiri.

"Intinya sistem keselamatan paling bagus adalah si pengemudi itu sendiri. Segala fitur yang ada sebenarnya berfungsi sebagai pembantu atau suplemen," tutur dia.

Karena itu, pabrikan seperti Mazda terus berupaya mengembangkan fitur-fitur guna meminimalisir insiden di jalan. Dia mencontohkan, fitur lane-keep assist system, lane departure warning system (LDWS) menjadi contoh bagaimana teknologi bisa memberikan peringatan dan mencegah mobil keluar jalur.

"Sistem ini membaca lingkungan jalan, yakni marka yang ada di kanan dan kiri. Ketika bergeser, sistem secara otomatis memberi peringatan. Bila dihiraukan, maka sistem yang lain memberikan gerakan yang berlawanan pada roda untuk mengembalikan mobil ke jalurnya," papar dia. Namun sayang, dua fitur ini cuma ada di New CX-5 GT.

Selain dua fitur itu, Mazda juga memiliki driver attention alert (DAA). Secara teknis fitur ini beroperasi saat mobil melaju di kecepatan 65 km/jam atau lebih selama 20 menit.

Sistem pada kendaraan akan menyimpan dan menganalisa pola berkendara. Nah, bila ada penyimpangan maka sistem akan memberikan peringatan.

"Kendaraan akan menganjurkan pengemudi untuk beristirahat. Selain berdasarkan pola berkendara, DDA juga menganjurkan si pengemudi untuk istirahat ketika waktu perjalanan sudah lebih dari dua jam," katanya.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini