Sukses

Akibat Gelombang Panas, Permukaan Jalan di India Jadi 'Keriting'

Permukaan aspal di Delhi, India, mulai meleleh akibat terkena paparan udara yang sangat panas.

Liputan6.com, New Delhi - India beberapa waktu terakhir dilanda bencana alam gelombang panas. Bencana ini membuat suhu di berbagai kota di India terus merangkak naik hingga mencapai 47 derajat Celcius.

Melansir Cnn, Minggu (31/5/2015), akibat suhu udara yang sangat panas ini berdampak pada kerusakan jalan. Pada awal pekan lalu, permukaan aspal di Delhi, India, mulai meleleh akibat terkena paparan udara yang sangat panas.

Akibatnya, kondisi permukaan jalan yang awalnya rata dan mulus pun berubah menjadi bergelombang atau keriting. Yang cukup parah, kondisi cuaca seperti ini diramalkan oleh Departemen Meteorologi India akan terus berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Pemerintah setempat pun menghimbau kepada warganya agar tidak keluar ruangan antara pukul 11 hingga 16. Jikalau memang dianggap mendesak untuk tetap keluar ruangan, masyarakat diminta memakai topi saat perjalanan untuk mengurangi paparan sinar matahari yang sangat kuat.

Pemerintah juga selalu mengingatkan kepada warganya agar tidak sampai kekurangan minum air. Himbauan ini dikeluarkan setelah sejumlah lebih dari 1.700 orang di India tewas karena tidak kuat menahan suhu udara yang sangat tinggi.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini