Sukses

Trio Motor Ini Sering Jadi Sasaran Modifikasi

Suatu model menjadi basis modifikasi karena desainnya yang sudah oke.

Liputan6.com, Jakarta - Modifikasi sepeda motor terus berkembang di Indonesia. Aliran modifikasinya pun semakin lama semakin beragam agar tunggangan tampil beda dan bergaya.

Meskipun muncul aliran-aliran baru, sepeda motor yang kerap digunakan sebagai basis modifikasi biasanya hanya terdiri dari segelintir model saja.

Biasanya, dipilihnya suatu model menjadi basis modifikasi karena desainnya yang sudah oke. Tak hanya itu saja, populasinya yang cukup banyak dijumpai membuat si pemilik tak canggung untuk merombak tunggangannya.

Berikut ini trio sepeda motor yang sering jadi bahan modifikasi yang berhasil dirangkum Liputan6.com:

1. Kawasaki Ninja 250

Motor sport berkapasitas seperempat liter ini cukup digandrungi di Indonesia. Tak jarang, pemilik Kawasaki Ninja 250 memodifikasi tunggangan agar tampil makin ciamik.

Aliran modifikasi yang dilakukan pada Ninja 250 pun sangat beragam. Mulai dari mengubah tampilan kaki-kaki agar makin kekar, merubah corak pada body melalui teknik airbrush atau stiker, atau bahkan membangun ulang motor sport fairing ini menjadi model lainnya seperti scrambler.

Gaya Scrambler bisa dibilang menjadi salah satu konsep favorit untuk membuat tongkrongan kesayangan makin gress.

Modifikasi ekstrim bergaya scrambler ini dilakukan oleh Studio Motor. Rumah modifikasi ini membuat tangki ala moge Triumph dengan desain membulat yang khas menggunakan bahan plat galvanil 1,2 mm. Sementara itu, pada spatboard depan dan belakang serta cover accu dibentuk minimalis agar tampilan motor lebih simpel.

2. Honda Super Cub

Sepeda motor lainnya yang juga kerap dimanfaatkan untuk basis modifikasi adalah Honda Super Cub. Motor bebek pertama Honda di Indonesia ini seringkali disulap bergaya Street Cub.

ciri khas modifikasi Newspeed Garage adalah mengganti ban dengan yang lebih tebal. Kesan macho pun lekat dengan modifikasi C50 ini (Foto: newspeedgarage.com).

Jenis modifikasi street cub ini menjadi ciri khas bengkel modifikasi Newspeed Garage. Bengkel ini menggabungkan antara  bodi dan rangka dari Super Cub dengan menggunakan mesin-mesin sepeda motor Honda terbaru.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

3. Vespa

Skuter ikonik asal Italia ini juga kerap menjadi sasaran modifikasi para pemiliknya. Biasanya, modifikasi yang dilakukan lebih ke arah fungsionalitas ketimbang gaya.

Tak jarang, para pemilik Vespa memodifikasi sendiri tunggangannya tanpa bantuan orang yang ahli. Hasilnya pun sudah dapat ditebak, kualitas modifikasi tersebut terkesan ala kadarnya dan jadi tidak aman saat dikendarai.

Modifikasi seperti ini dianggapnya lebih mirip seperti sebuah skateboard ketimbang skuter.

Contoh modifikasi Vespa antara lain yaitu Vespa Gembel. Skuter tersebut bentuknya sudah diubah total dengan panjang yang diluar ketentuan. Bahkan, modifikasi vespa gembel ini dapat ditumpangi lebih dari dua orang.

Selain Vespa Gembel, ada juga modifikasi ekstrim pada Vespa yaitu Vespa ceper. Sama seperti Vespa Gembel, pelaku modifikasi Vespa Ceper ini dilakukan oleh kalangan remaja berusia belasan tahun yang duduk di bangku SMP atau SMA.

(ysp/gst/sts)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.