Sukses

Mobil Korea Masuk Jajaran Kendaraan Elit Vatikan

Paus Fransiskus kembali memiliki satu mobil baru. Kali ini, 'Popemobile' tersebut berasal dai pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai.

Liputan6.com, Vatikan - Paus Fransiskus kembali memiliki satu mobil baru. Kali ini, 'Popemobile' tersebut berasal dai pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai yang khusus membuat varian convertible atau terbuka pada model Santa Fe.

Seperti yang dilansir dari Worldcarfans pada Senin (8/6/2015), Hyundai Santa Fe ini melakukan debut di Santo Petrus Square, Vatikan, Rabu pekan lalu. Dalam debut tersebut, terlihat dudukan lebih rendah dibanding Popemobiles lainnya, ground clearance yang lebih tinggi sehingga menawarkan visibilitas maksimal untuk Paus.

Awalnya, sebagaimana yang dilaporkan NCROnline, Paus Fransiskus menyukai Santa Fe saat ia berkunjung ke Korea Selatan tahun lalu. Alasannya, mobil ini cukup nyaman dan pengawal Paus dapat tetap berada di dalam mobil.

Santa Fe yang memiliki dua kursi di depan dan tiga di belakang adalah mobil pertama yang custom-made dengan atap terbuka. Sebelumnya, Popemobiles selalu didominasi oleh pabrikan mobil mewah asal Jerman, Mercedes-Benz.

Pada April Mop 2009, Hyundai merilis city car baru eco-friendly i10 yang mirip seperti Popemobile yang ada sekarang. Plat nomornya pun unik, V47ICAN. Plat nomor tersebut mengindikasikan bahwa Popemobile memang sudah dibangun sejak beberapa tahun lalu.

Tentu, selain tampilan, kemampuan Hyndai Santa Fe ini juga telah dimodifikasi sedemikian rupa. Eksterior mobil dilapisi baja, lebih kuat tetapi juga lebih ringan.

Untuk diketahui, pabrikan mobil dunia telah menyumbangkan mobil high-end ke Vatikan untuk digunakan Paus sejak 1909, tidak lama setelah munculnya mobil modern.

(rio/gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.