Sukses

Mobil Listrik Manfaatkan Bahan Baku Ramah Hewan

Inovasi kembali dilakukan Tesla Motors Inc. Kali ini, mereka ingin membuat mobil listik tanpa sama sekali menggunakan bahan baku hewani.

Liputan6.com, San Francisco - Inovasi kembali dilakukan pabrikan mobil istrik Tesla Motors. Kali ini, mereka berencana membuat mobil listik tanpa menggunakan bahan baku hewani.

Seperti dilaporkan Automotive News, Jumat (12/6/2015), Mark dan Elizabeth Peters, pemegang saham Tesla, mendesak pabrikan untuk tidak lagi menggunakan bahan baku yang berasal dari hewan seperti jok kulit.

Proposal yang mereka ajukan adalah pengurangan produk-produk tersebut secara bertahap dan sama sekali tidak menggunakannya pada 2019. Jika usulan ini dijalankan, Tesla akan menjadi mobil premium pertama yang tidak lagi menggunakan bahan baku hewani.

“Saat ini, Model S dapat dipesan dengan jok bebas bahan baku kulit. Tetapi tidak memungkinkan seluruhnya karena trim masih menggunakan bahan kulit,” kata Khobi Brooklyn, juru bicara Tesla.

Duo Peters mengusulkan bahwa bahan baku kulit bisa saja diganti dengan bahan interior faux-leather yang saat ini telah digunakan oleh Mercedes-Benz, Lexus, serta BMW.

Setelah rapat tersebut, apakah usulan tersebut diterima atau tidak harus dipusutkan dalam waktu empat hari kerja. Artinya, keputusan akan diberikan pada Senin depan (15/6/2015).

Menanggapi hal ini, anggota People for the Ethical Treatment of Animals kemudian mengusulkan Musk agar meminta bantuan dari kelompok pembela hak-hak hewan untuk mencari bahan baku alternatif.

“Kami akan mempertimbangkannya,” kata Musk.

(rio/gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.