Sukses

Trio Mobil Tiga Silinder yang Eksis di Indonesia

Mobil modern bermesin tiga silinder mampu mengungguli performa mobil dengan mesin empat silinder konvensional.

Liputan6.com, Jakarta - Tren mobil terbaru saat ini mulai ramai menggunakan mesin tiga silinder. Terlebih, seiring kemajuan teknologi di bidang otomotif, mobil yang didukung mesin tiga silinder mampu mengungguli performa mobil dengan mesin empat silinder konvensional.

Bahkan, pabrikan kendaraan saat ini mulai berlomba-lomba memproduksi mobil bermesin tiga silinder. Padahal sebelumnya, jenis mesin ini sempat menjadi bahan ejekan pengguna mobil karena memiliki banyak kelemahan.

Di Indonesia sendiri, agen pemegang merek menawarkan mobil tiga silinder dengan kapasitas 1,0 liter. Namun, ada pula yang menawarkan mesin berkapasitas hanya 660 cc seperti yang dilakukan oleh PT Astra Daihatsu Motor untuk mini roadster terbarunya, Copen.

Berikut ini tiga mobil dengan mesin tiga silinder yang eksis di Indonesia yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

1. Ford Fiesta EcoBoost

Hatchback dari negeri Paman Sam ini merupakan model yang dipasarkan secara global. Di Tanah Air, Ford Fiesta EcoBoost bertarung di segmen mobil berkapasitas 1,0 liter.

Hadir mengusung mesin tiga silinder tidak membuat performa yang dihasilkan Ford Fiesta EcoBoost melempem. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan mencapai 120 Tk dengan torsi 170 Nm atau lebih besar dari hatchback berkapasitas 1,5 liter seperti Toyota Yaris dengan output 109 PS.

Buasnya performa yang dimiliki Fiesta EcoBoost berasal dari kombinasi antara turbocharging, direct fuel injection, serta variable valve timing. Hasilnya, mesin Ford Fiesta EcoBoost yang kapasitasnya kecil sanggup menghasilkan output besar dan diklaim sanggup menekan konsumsi BBM hingga 20 persen dari mobil sejenis.

Klik halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

2. Daihatsu Copen

Roadster mungil yang diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor di awal Juni menjadi mobil dengan mesin tiga silinder yang menghebohkan dalam beberapa waktu terakhir. Bagaimana tidak, saat peluncurannya di Bali, Copen menyedot perhatian wisatawan mancanegara karena modelnya yang sporty namun ukurannya yang minimalis.

Layaknya mobil konvertibel kelas atas, atap yang ada pada Daihatsu Copen pun dapat dibuka secara elektrik. Copen pun hanya butuh waktu sekitar 20 detik untuk membuka atap hardtop dengan kondisi berhenti.

Urusan performa, Copen dapat dibilang kecil-kecil cabe rawit. Sebab, Copen dipersenjatai mesin 660 cc dengan tambahan turbo intercooler dengan output sebesar 64 Tk dan torsi puncak 92 Nm.

Daihatsu Copen juga dibekali fitur electrical throttle system agar menghasilkan akselerasi mesin yang halus dan tetap hemat BBM. Hasilnya, konsumsi bahan bakar Copen mencapai 11 km/liter dengan rute kombinasi.

Klik halaman selanjutnya >>>

3 dari 3 halaman

Next

3. Kia Morning

City car dari Negeri Ginseng ini menjadi salah satu mobil yang menggendong mesin tiga silinder. Mesin 1,0 Dual CVVT DOHC yang dipasang kepada Kita Morning ini menawarkan kelebihan city car yang bertenaga namun sekaligus hemat bahan bakar.

Di atas kertas, city car ini memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup ekonomis yaitu 18,57 km/liter. PT Kia Mobil Indonesia (KMI) selaku agen pemegang merek menganggap jika konsumsi bahan bahan mobil ini cukup hemat untuk sebuah city car yang diproduksi secara CBU.

Meskipun ditujukan sebagai kendaraan untuk pemula, Kia Morning tetap mengusung desain yang elegan. City car yang didesain oleh Peter Schreyer ini mengusung gaya Eropa yang tampak pada desain grill dan bumper depan yang cukup sporty.

(ysp/ian)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini