Sukses

Kreasi Pensiunan Guru Olahraga pada Mitsubishi Pajero Sport

Perubahan berfokus pada aspek fungsionalitas juga tenaga.

Liputan6.com, Denpasar - Indo Pajero Community (IPC) memang punya anggota yang doyan melakukan modifikasi agar sport utility vehicle (SUV) Jepangnya tangguh di jalur off-road.

Dari 120 anggota, nama Alain Delaplace bisa dibilang yang saat ini tengah jadi sorotan. Betapa tidak, ia berambisi melakukan perjalanan bertajuk 'Pajero Flores Tour 2015' mengendarai Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4.

Foto: Gesit Prayogi/Liputan6.com

"Saya berencana melakukan perjalanan menuju Flores dengan mengendarai Pajero Sport 4x4," kata bule asal Prancis yang telah lama tinggal di Bali saat mengurai cerita soal rencana perjalanannya.

Untuk merealisasikan rencananya itu, Alain -- begitu sebutan karibnya -- menerapkan sejumlah modifikasi pada Pajero Sport-nya. Ia menuturkan, perubahan berfokus pada aspek fungsionalitas dan tenaga.

Foto: Gesit Prayogi/Liputan6.com

Untuk kaki-kaki misalnya, Allen menggunakan suspensi berikut per Old Man Emu. Untuk bannya menggunakan Open Country M/T dari TOYO dengan ukuran 275/60 R 20 yang dilekatkan pada velg TUFF All Terrain berkelir hitam dengan aksen merah.

Foto: Gesit Prayogi/Liputan6.com

Pada bagian lain, bule berbadan tambun ini menyematkan baterai Optima dan ARB Dual Battery System untuk menyuplai kebutuhan aksesori penunjang seperti lampu-lampu dan whinch.

"Sepasang lampu Intensity di depan bisa menjangkau area satu kilometer ke depan. Ini sangat membantu bila berkendara di malam hari." jelasnya.

Nah, untuk urusan performa, Alain menggunakan Broquet agar untuk mencegah penurunan bahan bakar. Tak luput, mantan guru olahraga ini turut menyematkan QMAX Turbo untuk meningkatkan respons dan akselerasi.

Foto: Gesit Prayogi/Liputan6.com

Yang tak kalah penting, Alain turut menambahkan snorkel, fender tambahan, engine guard, roof rack, juga bumper guard di bagian depan dan belakang.

Foto: Gesit Prayogi/Liputan6.com

Untuk sektor kosmetika, bodi mobil yang tadinya berwarna silver diubah menjadi putih full body menggunakan stiker. Untuk sektor ini, Alain perlu merogoh kocek Rp 12 juta. Di kapnya terdapat sticker Dakar untuk menegaskan kemampuan off road yang diapit aksen hitam.

Foto: Gesit Prayogi/Liputan6.com

Menurut Alain, sentuhan yang telah diterapkan pada mobil ini belum sepenuhnya rampung. Untuk biayanya, ia mengaku mengalokasikan dana tak kurang dari Rp 100 juta agar mobil itu nyaman dikendarai saat dibawa petualang pada September atau Oktober.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.