Sukses

Rumah Mati Lampu? Pakai Mobil Ini Untuk Suplai Listrik

Eicher Polaris luncurkan mobil bernama Multix yang mampu sediakan aliran listrik untuk kebutuhan rumah tangga dan bisnis.

Liputan6.com, Jaipur - Eicher Polaris, perusahaan patungan antara Eicher Motors dan Polaris Industries yang berada di India, meluncurkan mobil unik yang diberi nama Multix.

Selain untuk kendaraan pribadi, Eicher Polaris Multix juga dapat digunakan layaknya van. Bahkan, mobil ini juga dapat beralih fungsi menjadi generator yang mampu sediakan aliran listrik untuk berbagai kegiatan berskala kecil dan menengah.

Aliran listrik tersebut berasal dari generator X-Port yang terpasang di bagian belakang mobil. Dilaporkan Rushlane, Jumat (19/6/2015), generator ini mampu hasilkan listrik 3kW yang bisa aliri rumah ataupun bisnis skala kecil-menengah.

Eicher Polaris mengklaim bahwa teknologi generator ini sangat berguna, apalagi bagi pengusaha kecil di India. Menurut mereka, mobil ini bahkan lebih berguna karena seringnya pemadaman bergilir dilakukan PLN India.

Karena itu pula, Multix menyasar segmen pebisnis kecil menengah. Menurut data Economic Times, populasi pebinis tersebut setara dengan 5,8 persen jumlah populasi masyarakat India.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan solusi otomotif baru dan sangat berbeda bagi mereka melalui Multix," ujar Siddhartha Lal, Managing Director & CEO Eicher Motors.

Multix didukung oleh mesin diesel silinder tunggal 511 cc yang dipasangkan dengan transmisi manual empat percepatan. Mesin tersebut mampu hasilkan tenaga 9,7 Tk dan torsi 27,1 Nm.

Tersedia dalam dua varian, Multix akan tersedia di 30 outlet Eicher Polaris dan akan mulai dikirimkan ke konsumen di seluruh India pada Agustus nanti.

(rio/sts/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini