Sukses

Mobil Bekas Milik Gembong Narkoba Dijual Rp 21 Miliar, Minat?

Koleksi supercar milik mafia kelas wajid yang dijuluki 'Don Car-leone' dijual di Inggris.

Liputan6.com, London - Koleksi supercar milik mafia kelas wajid yang dijuluki 'Don Car-leone' dijual di Inggris. Mobil ini menghasilkan uang lebih dari 1 juta pound sterling atau sekira Rp 21 miliar dan dimasukkan ke dalam kas negara.

Dilaporkan Dailymail, mobil milik Alexander Surin, gembong Narkoba kelas wahid yang saat ini tinggal di Dubai, di antaranya adalah Ferrari Enzo dan Rolls-Royce Phantom. Keduanya disita pada 2009 saat operasi penggerebekan.

Bukan hanya itu, mobil milik gembong narkoba ini juga termasuk Ferrari 599 GTB, dan Ferrari California. Semuanya dilelang pada akhir Juni lalu.

Sebelumnya, awal tahun lalu National Crime Agency telah menyetujui untuk menjual mobil-mobil ini berdasarkan pada peraturan bernama Proceeds of Crime Act.

Salah satu mobilnya, Ferrari Enzo, bahkan menjadi salah satu mobil sitaan yang dijual paling mahal, yaitu sebesar 800 ribu pound sterling.

Surin sebelumnya mengakui bahwa semuanya dibeli dengan hasil kejahatan seperti pencucian uang, penggelapan pajak, serta uang hasil penjualan narkoba jenis Ketamin.

Sebelumnya, Surin juga pernah ditangkap karena tuduhan kriminalitas lainnya. Tetapi, kasus narkoba ini adalah kasus pertama dimana ia dikenai sanksi pengembalian aset.

(rio/gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.