Sukses

Pemerintah AS Komitmen Kurangi Emisi Karbon

Emisi karbon dan konsumsi bahan bakar dari truk, van dan pikap akan kembali dikurangi sebesar 16 persen secara bertahap di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Washington - Emisi karbon dan konsumsi bahan bakar dari truk, van serta pikap akan kembali dikurangi sebesar 16 persen secara bertahap di Amerika Serikat (AS). Regulasi ini akan ditegakkan mulai 2021 hingga 2027.

Aturan tersebut, sebagaimana yang dilaporkan Automotive News pada Senin (22/6/2015), akan mempengaruhi truk seperti Ford Super Duty, Chevrolet Silverado HD, atau Ram 250. Selan itu, van komersil seperti Ford Transit juga akan terkena dampaknya.

Aturan ini merupakan program nasional yang diawasi oleh EPA dan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Kedua organisasi ini juga menjadi bagian dalam pengurangan emisi dan konsumsi bahan bakar secara besar-besaran.

Beberapa kendaraan yang dijadikan target operasi, selain truk, van, dan pikap, adalah truk semi trailer, serta kendaraan khusus seperti truk pengangkut semen dan sampah.

Dalam pernyataannya, EPA dan NHTSA mengatakan bahwa standar target kebijakan ini adalah pengurangan emisi karbon sebesar 1 miliar metrik ton, penghematan sebesar US$ 170 miliar, serta penghematan 1,8 miliar barel minyak.

Sebagai informasi tambahan, segmen kendaraan-kendaraan ini hanya berjumlah sekira 5 persen dari total kendaraan yang ada di AS. Tetapi, konsumsi bahan bakarnya mencapai 20 persen dari seluruh sektor transportasi.

(rio/sts/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.