Sukses

10 Cerita Tilang Paling Unik (I)

Berikut adalah 10 cerita tentang tilang yang paling lucu (bagian pertama).

Liputan6.com, New York - Tilang adalah salah satu mekanisme yang dibuat agar pengendara disiplin. Diharapkan, dengan tilang tidak ada lagi pihak yang melanggar peraturan lalu lintas.

Menariknya, kegiatan tilang menilang tidak sedatar yang terlihat. Di banyak tempat, tilang menjadi cerita tersendiri, kadang lucu, unik, terkadang bisa membuat pembacanya geleng-geleng kepala.

Misalnya, ada yang ditilang karena memarkir bus mainan selama beberapa hari. Ada pula yang membayar tilang dengan uang receh sebagai bentuk protes.

Diolah dari berbagai sumber, berikut adalah 10 cerita unik dan lucu seputar tilang.

1. Bayar tilang 60 tahun kemudian

Sebuah surat tilang yang dikeluarkan lebih dari 60 tahun yang lalu, tepatnya pada 13 Juli 1954, akhirnya terbayarkan. Tebak berapa dendanya? Hanya satu buah uang koin. Kejadian unik ini terjadi di New York, Amerika Serikat (AS).

Menurut kepala kepolisian, Don Klug, seorang pria mendatangi tempat bayar tilang dengan surat yang telah dibingkai. Pria itu mengatakan bahwa ia menemukannya dan berniat melunasi utang tersebut.

2. Ditilang karena parkir bus mainan

Seorang penata rambut bernama Giovanni Cortessi mengajukan banding setelah ditilang karena memarkir bus mainan sepanjang 2,7 meter sembarangan. Bus mainan itu diparkirnya di Brighton, London, selama lebih dari satu bulan sebelum mendapat surat tilang.

Untungnya, tilang konyol ini dibatalkan setelah NSL, perusahaan penyewa parkiran, mencabut gugatan. Tapi tetap saja, Cortessi tidak habis pikir dengan tingkah pengelola lahan parkir tersebut.

3. Hindari tilang, sembunyi di kolong bus

Seorang pengemudi bus di Tiongkok menjadi sebab kemacetan panjang setelah dirinya bersembunyi di kolong busnya sendiri untuk menghindari tilang. Polisi yang memberhentikannya mengatakan bahwa pria ini melewati batas kecepatan.

Setelah beragam usaha dicoba, termasuk meminta tolong pemadam kebakaran, pengemudi bus konyol ini akhirnya keluar dari bawah setelah tangannya ditarik paksa oleh petugas. Ia pun akhirnya dibawa ke kantor polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Tilang mobil berusia 1.500 tahun

Kali ini kesalahan konyol dibuat polisi. Polisi di Sisilia, Italia, mengeluarkan surat tilang kepada mobil yang diparkir secara ilegal dengan tahun penulisan 208, bukan 2008 (tahun kejadian).

Polisi kemudian mengakui kesalahannya. Tetapi tetap saja, pemilik mobil yang parkir sembarangan tersebut harus mengikuti proses hukum yang berlaku.

5. Bayar parkir pakai uang receh

Seorang tukang ledeng bernama Stuart White marah saat menerima surat tilang berisi denda sebesar 35 pound sterling. Pasalnya, ia meninggalkan mobil begitu saja karena ada panggilan pekerjaan darurat.

Kesal, ia pun langsung pergi ke kantor pihak berwenang dan membayar denda. Uniknya, ia membayar semuanya dengan uang koin yang dimasukkan ke dalam ember hitam. Manajer parkir, Rebecca Banner, menolak untuk mengomentari peristiwa ini.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini