Sukses

Pertalite Dijanjikan Lebih Ekonomis Ketimbang Premium

Pertalite yang menjadi produk bahan bakar minyak (BBM) baru dari Pertamina sudah siap dipasarkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pertalite yang menjadi produk bahan bakar minyak (BBM) baru dari Pertamina sudah siap dipasarkan. Pengembangan BBM baru itu telah rampung dan tinggal menunggu waktu untuk diresmikan oleh pemerintah.

"Riset sudah selesai. Tinggal menunggu saja kapan launching-nya oleh pemerintah. Kemungkinan peluncuran sehabis Lebaran tahun ini," terang Muchammad Iskandar, Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina Tbk usai acara media gathering GIIAS 2015 di Jakarta, Selasa (23/6) malam.

Selain menutup rapat waktu peluncuran, Iskandar juga mengaku belum mengetahui harga jual Pertalite. Menyoal banderol baru akan terungkap saat peluncuran.

"Harga nanti ketika peluncuran, kalau sekarang kan harga belum pasti, harga minyak masih fluktuatif," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pengujian Pertalite dilakukan bersama dengam LIPI dan LAPI. Pengujian menggunakan mobil dan motor dengan sistem pengabutan karburator dan injeksi. Hasilnya, BBM RON 90 ini diklaim jauh lebih ekonomis dibanding BBM bersubsidi.

"Performanya bagus. Di bawah sedikit dari Pertamax. Dari sisi ekonomisnya, jarak tempuhnya lebih jauh dari Premium. Tetapi tidak terlalu signifikan jika dibanding Pertamax," jelasnya.

Iskandar menambahkan, terkait infrastruktur yang belum merata, penyebaran Pertalite akan difokuskan pada satu wilayah dahulu.

"Kita akan mulai di Pulau Jawa terlebih dahulu, baru setelah itu baru wilayah lain," pungkasnya.

(ian/gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini