Sukses

Mudik Pakai Motor Matik, Aman Nggak Sih?

Motor berjenis skutik sudah pasti bakal membanjiri sejumlah ruas jalan utama.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor masih menjadi moda transportasi alternatif saat musim mudik tiba. Tahun ini, jumlahnya pun diprediksi tak kalah banyak dari tahun lalu.

Motor berjenis skutik sudah pasti bakal membanjiri sejumlah ruas jalan utama. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), mencatat, penjualan skutik pada Mei saja mencapai 363.080 unit, atau berkontribusi 75,22 persen terhadap penjualan sepeda motor.

Melihat data itu, pastinya motor berjenis ini paling banyak berkeliaran di jalan dan tentunya saat musim mudik nanti. Lantas, amankah pakai skutik untuk mudik?

"Pakai skutik nggak usah ragu karena motor ini sudah teruji," kata Wedijanto Widarso, GM Technical Service Division AHM saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (25/6) lalu).

Hanya saja, yang perlu diperhatikan pemudik, tidak boleh mengangkut lebih dari dua orang penumpang. Kemudian, muatannya pun tak boleh berlebihan.

"Jangan itu pakai bambu di belakang motor yang dialokasikan sebagai tempat barang, belum lagi di depan juga. Ini akan menggangu keseimbangan apalagi kalau suka selap-selip," jelas Wedijanto.


(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini