Sukses

10 Kota dengan Jumlah Kasus Begal Terbanyak (I)

Berikut adalah 10 kota di AS dengan tingkat begal tertinggi per 100 ribu penduduk.

Liputan6.com, California - Amerika Serikat (AS) dari sudut pandang orang Indonesia adalah negara adidaya, dan dengan demikian masyarakatnya memiliki kemampuan ekonomi di atas rata-rata. Dalam dunia otomotif, hal ini direpresentasikan dengan banyaknya pengguna mobil.

Tetapi, siapa yang sangka bahwa di negara tersebut pencurian mobil sangat marak? Menurut laporan FBI, satu mobil dicuri tiap 45 detik di AS. Tujuh dari sepuluh mobil di California dicuri pada tahun lalu.

Lantas, kota mana saja yang memiliki tingkat pencurian mobil paling banyak per 100 ribu penduduk? Melansir Yahoo Autos, berikut ulasannya:

10. San Jose-Sunnyvale-Santa Clara, California

San Jose, Sunnyvale, dan Santa Clara yang terletak di negara bagian California menduduki peringkat ke-10 sebagai tempat yang paling banyak terjadi kasus pencurian mobil dengan 539 unit per 100 ribu penduduk. Sepanjang 2014, terdapat 10.531 unit mobil dicuri.

Meskipun demikian, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk kota tersebut yang sangat banyak, kasus-kasus pencurian tersebut cukup rendah. Terbukti, dari 10 kota, gabungan tiga kota ini menduduki peringkat paling buncit.

9. Fresno, California

Di posisi ke-9, ada Fresno yang juga merupakan salah satu kota di California. Sepanjang 2014, terdapat 5.260 mobil dicuri di kota terbesar ke empat di California ini. Jika begitu, kenapa kota ini menempati posisi yang lebih tinggi dibanding tiga kota sebelumnya?

Ternyata, meskipun jumlahnya lebih sedikit, kota ini mengalami jumlah pencurian yang sama dengan San Jose, Sunnyvale, dan Santa Clara per 100 ribu penduduk. Dari 100 ribu penduduk terdapat 539 mobil yang dicuri. Artinya, di kota ini kemungkinan mobil dicuri lebih besar dibanding di tiga kota sebelumnya.

>> Klik laman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

8. Seattle-Tacoma-Bellevue, Washington

Di posisi ke-8, ada tiga kota besar yang terdapat di negara bagian Washington yang menjadi sarang begal mobil. Tiga kota tersebut adalah Seattle, Tacoma, dan Bellevue.

Rata-rata, terdapat 552 unit mobil dicuri per 100 ribu penduduk di tiga negara itu. Sepanjang 2014, tercatat terdapat 20.268 mobil dicuri dengan berbagai modus operandinya.

7. Vallejo-Fairfield, California

California nampaknya merupakan negara bagian tempat favorit para begal mobil. Terbukti, di posisi ke-7, ada dua kota lagi di negara bagian sebelah barat AS ini yang mencatatkan aksi begal terbanyak.

Tercatat, di kota Vallejo dan Fairfield ini 2.414 mobil hilang dicuri sepanjang tahun lalu. Jika dirata-rata, maka dari 100 ribu penduduk terdapat 560 mobil yang pernah dicuri. Mungkin juga satu orang penduduk pernah kemalingan lebih dari satu kali.

6. Spokane-Spokane Valley, Washington

Di bagian pertama daftar kota dengan jumlah pencurian mobil terbanyak ini, Spokane dan Spokane Valley yang terletak di negara bagian Washington adalah kota dengan tingkat pencurian mobil tertinggi.

Sama dengan Vallejo dan Fairfield, di kota ini terdapat 560 unit mobil dicuri per 100 ribu penduduk. Tetapi, jumlah pencurian mobil lebih banyak dibanding dua kota itu. Sepanjang 2014, terdapat 3.032 unit mobil dicuri di Spokane dan Spokane Valley. (Bersambung)

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.