Sukses

Mudik Pakai Sepeda Motor? Gunakan Pakaian yang Tepat dan Nyaman

Pakaian yang digunakan pun harus tetap nyaman dan mendukung faktor keselamatan selama perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas mudik identik dengan perjalanan luar kota yang menguji stamina. Pengendara dituntut persiapan prima guna mencapai tempat tujuan.

Mengingat jarak tempuh yang panjang, para pemudik dengan sepeda motor tentu harus mempersiapkan segala perlengkapan termasuk riding gear yang tepat. Tidak hanya itu, pakaian yang digunakan pun harus tetap nyaman selama perjalanan.

Seperti apa perlengkapan yang cocok untuk berkendara jarak jauh? berikut ini uraian singkatnya:

1. Pakai helm

Perlengkapan pertama yang wajib digunakan adalah helm. Gunakannya helm berstandar nasional dan internasional ketika berkendara jarak jauh seperti mudik.

Ada baiknya, gunakan helm model full face karena akan melindungi bagian kepala secara menyeluruh terutama pada bagian wajah. Pastikan helm yang digunakan sudah terkancing dengan baik.

2. Jaket

Jaket yang digunakan ketika mudik kali ini bukanlah seperti jaket yang digunakan sehari-hari seperti sweater dan sejenisnya melainkan jaket khusus untuk berkendara. Jaket ini memiliki bahan yang cukup tebal namun sirkulasi udaranya cukup baik sehingga tidak gerah ketika digunakan.

Selain itu, jaket seperti ini juga telah terdapat lapisan busa pelindung yang cukup tebal di beberapa bagian seperti bahu dan siku untuk meminimalisir efek benturan ketika terjadi insiden.

3. Sepatu

Saat berkendara jarak jauh, disarankan menggunakan sepatu mengingat kondisi perjalanan yang panjang butuh berbagai perlengkapan yang mendukung keselamatan. Namun begitu, gunakan sepatu namun dengan sol yang tak terlalu tebal. Hal ini penting, agar kaki Anda tetap sensitif kala menginjak rem ataupun gigi perseneling.

4. Pelindung lutut

Perlengkapan terakhir yang digunakan ketika berkendara jarak jauh adalah pelindung lutut. Ini berfungsi melindungi lutut dari efek benturan yang cukup parah ketika insiden sehingga dapat meminimalisir cidera.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini