Sukses

Helm Canggih Berteknologi Smartphone, Harganya Rp 18,7 Juta

Helm konsep ini memiliki teknologi layaknya smartphone.

Liputan6.com, Dallas - Tidak hanya mobil atau motor saja yang terus diperbarui dengan teknologi terbaru, perangkat keselamatan seperti helm pun demikian. Salah satu helm canggih nan cerdas tersebut bernama iC-R.

Melansir Autoevolution, Selasa (30/6/2015), helm ini dilengkapi dengan dua layar HUD (head-up display), dua kamera spion, serta audio visual traffic alerts.

Layar transparan HUD memberikan pengendara pandangan lebih lebar, yaitu sekira 210 derajat. Bukan hanya itu, dual camera rear-view mampu membuat pengendara melihat apa yang terjadi di belakangnya.

Kemudian, sensor pada helm ini juga mampu mendeteksi mobil yang berada di belakang motor sejauh 130 meter. Di jarak ini, lampu LED kuning kecil akan menyala di dalam helm serta sinyal audio akan memperingatkan pengendara. Lampu LED ini akan berubah menjadi merah ketika kendaraan lain berada dalam jarak 73 m.

Produsen helm iC-R ini mengklaim bahwa lampu-lampu tersebut tidak akan menghambat atau mengalihkan pengelihatan pengendara. Meskipun begitu, produsen tidak menjelaskan bagaimana sensor akan bekerja jika pengemudi membonceng penumpang.

Helm konsep ini memiliki teknologi layaknya smartphone (Foto: Autoevolution).

Untuk menjalankan seluruh fungsi ini, helm iC-R tentu butuh energi. Dalam hal ini, energi diperoleh dari panel surya yang dipasang di atas helm. Status pengisian juga akan terlihat melalui layar HUD. Juga, sebuah tombol besar akan membuat kaca lebih redup saat matahari bersinar terlalu terang.

Selain itu, helm iC-R juga menawarkan fitur lain seperti musik, panggilan telepon, navigasi, cuaca, serta integrasi dengan smartphone.

Sayangnya, helm ini masih konsep dan belum diproduksi. Pembuat helm ini mengatakan, meskipun helm ini sangat mungkin direalisasikan, tetapi modal yang dibutuhkan cukup besar. Menurut mereka, setidaknya dibutuhkan US$ 300 ribu atau sekira Rp 4 miliar.

Diharapkan, nantinya helm ini per unitnya berharga tidak lebih dari US$ 1.400 atau sekira Rp 18,7 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.