Sukses

Kapan Mobil Pertama Lahir di Dunia?

Siapa yang membuat mobil untuk pertama kali? Apa mobilnya?

Liputan6.com, Paris - Dewasa ini, beragam mobil hadir dengan segala teknologi canggihnya. Bahkan, telah banyak pabrikan yang memproyeksikan membangun mobil tanpa pengendara (otonomos), misalnya Google dan BMW.

Tetapi, pernahkan terpikir oleh kita, apa mobil yang paling pertama diproduksi? Lantas, siapa yang menciptakannya?

Di antara para sejarawan, siapa pencipta mobil pertama sebetulnya masih kontroversial. Sebagian percaya bahwa Karl Benz dengan mobil bernama Motorwagen lah orang orang pertama yang membuat mobil pada 1885.

Tetapi, ada juga yang menganggap Ford Model T tahun 1908 lah mobil pertama yang pernah diproduksi, meskipun memang belum diproduksi massal.

Jauh sebelum itu, perangkat yang bisa jadi merupakan cikal bakal mobil modern bahkan dapat dilacak keberadaannya pada 1769, saat penemu asal Perancis bernama Nicolas-Joseph Cugnot kembangkan traktor bertenaga uap.

Namun ada pula yang menempatkan tahun penemuan mobil pada 1862. Alasannya, saat itu seorang insinyur asal Paris bernama Erienne Lenoir membangun mesin pembakaran internal dan menghubungkannya dengan kereta kuda. Kereta kuda dengan mesin ini yang dianggap cikap bakal mobil modern.

Dari sekian banyak pendapat ini, sebagaimana yang dilaporkan Yahoo Autos, sebagian besar ahli setuju bahwa mobil komersial pertama dibuat pada 1885. Saat itu, Karl Benz asal Jerman menciptakan benda menyerupai becak dengan roda tiga bertenaga gas.

"Benz inilah yang bekerja keras dan menemukan merek mobil yang kita kenal sekarang dengan Merdeces-Benz," demikian tulis Yahoo Autos.

Meskipun keyakinan sejarah ini beragam, ada satu hal yang sangat jelas. Penemuan cikal bakal mobil didahuluin dengan penemuan mesin uap di pertengahan abad ke-18.

Tanpa mesin uap dan Revolusi Industri, baik mobil ataupun seluruh ciptaan manusia lainnya mungkin tidak akan pernah ditemukan. Mesin uap adalah tulang punggung bagi seluruh penemuan setelahnya.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.