Sukses

London Operasikan Bus Tingkat Anti BBM

Walikota London berupaya mengurangi emisi dari armada bus hingga menjadi salah satu kendaraan yang terbersih di dunia.

Liputan6.com, London - Tingkat polusi udara secara global sudah dalam tahap memprihatinkan. Untuk mengurangi polusi di wilayahnya, Walikota London, Boris Johnson mulai menggalakan penggunaan angkutan umum rendah emisi.

Kali ini, sarana transportasi andalan masyarakat London dijamin bebas emisi karena Boris Johnson mengumumkan penggunaan bus tingkat bertenaga listrik dalam kegiatan Clean Bus Summit.

Permasalahan yang banyak dijumpai pada bus bertenaga listrik hingga saat ini adalah karena ukuran baterai. Namun, masalah baterai untuk bus di London telah teratasi semenjak pemerintah kota bermitra dengan perusahaan otomotif asal Tiongkok, BYD, demikian dilansir dari Autoevolution, Selasa (30/6/2015).

Kegiatan Clean Bus Summit melanjutkan upaya walikota untuk mengurangi emisi dari armada bus London yang kini menjadi salah satu kendaraan yang terbersih di dunia. Adapun jajaran bus bertenaga listrik ini akan mulai beroperasi pada 16 Oktober mendatang dengan rute Cricklewood hingga Victoria Station.

Sejak memerintah pada 2008, Johnson sudah mulai mendatangkan bus-bus dengan jantung mekanis hibrida. Dalam masa pemerintahannya yang berakhir pada 2016, Johnson memiliki misi mengurangi emisi udara yang dihasilkan kendaraan umum hingga setengahnya.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.