Sukses

Toyota Camry Dinobatkan Jadi Mobil Paling `Amerika`

Mobil paling 'Amerika' tahun ini adalah Toyota Camry yang diproduksi di pabrik Kentucky dan Indiana.

Liputan6.com, Detroit - Di Amerika Serikat (AS), tiap tahunnya laman Cars.com rutin memberikan penghargaan bagi mobil yang paling 'Amerika'. Maksudnya adalah, mobil ini dianggap sebagai mobil yang paling merepresentasikan ciri khas AS.

Tahun ini, penghargaan kembali diberikan. Tetapi menariknya, juara tahun ini sangat tidak bisa diprediksi. Dilaporkan, mobil paling 'Amerika' tahun ini adalah Toyota Camry yang diproduksi di pabrik Kentucky dan Indiana.

Melansir Carscoops, Rabu (1/7/2015), tidak ada yang memprediksi Camry akan menang. Sebabnya, Toyota bukanlah pabrikan asal AS, melainkan Jepang. Semakin mengejutkan saat posisi kedua pun ditempati oleh model buatan Toyota, Sienna.

Bahkan, Ford F-150 sebagai juara tahun lalu sama sekali tidak masuk sepuluh besar. Menariknya lagi, General Motors adalah satu-satunya pabrikan dalam negeri yang masuk ke dalam daftar mobil paling 'Amerika' ini dengan model Chevrolet Corvette.

Penghargaan ini menujukkan adanya tren yang bergeser, yaitu semakin sedikit mobil dengan konten domestik lebih dari 75 persen. Tahun ini, hanya tujuh model yang masuk kualifikasi. Padahal lima tahun lalu, jumlah ini mencapai 29.

Toyota sendiri menanggapi santai kemenangannya ini. Menurut Bill Fay, General Manager Toyota Motor Sales wilayah AS, keberhasilan ini adalah menguatkan cerita tentang 'Amerikanisasi Toyota'.

"Kami beroperasi dengan sepuluh pabrik di AS dan memproduksi lebih dari 2 juta kendaraan disini," kata Fay.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.