Sukses

VW Siapkan Mobil Murah Penantang Datsun

Volkswagen secara terbuka berencana akan membuat mobil murah yang mirip dengan Nissan Datsun untuk pasar Asia.

Liputan6.com, Beijing - Volkswagen berencana akan membuat mobil murah yang mirip dengan Datsun. Awalnya, mereka mengatakan bahwa ingin memiliki mobil yang harganya sekira 6-8 ribu euro atau sekira Rp 89-119,2 juta.

Namun, sekira setahun yang lalu, VW mengatakan bahwa tidak menemukan cara untuk merancang mobil murah yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai perusahaan. Akan tetapi, tiga pekan kemudian, mereka mengatakan telah mengatasi masalah tersebut.

Perkiraan harga pun meningkat. Merevisi ucapan sebelumnya, VW melalui Winterkorn mengatakan bahwa mobil murah ini akan dijual dengan harga antara 8-11 ribu euro atau sekira Rp 119,2-164 juta.

"Kami akan membawa mobil murah ke pasar Asia pada 2018, dengan SUV, sedan, dan hatchback," terang Martin Winterkorn, CEO VW, dikutip dari Autoblog.

Winterkorn tidak memberikan rincian lainnya, misalnya, akan bekerja sama dengan siapa mereka. Meskipun demikian, VW dikenal bermitra baik dengan FAW Group dan SAIC Motor, dua pabrikan lokal asal Tiongkok.

Rencananya mobil murah ini pertama-tama akan dijual untuk pasar Tiongkok. Tetapi, ada kemungkinan mobil tersebut akan dijual di luar Tiongkok. "Kami akan melihat apakah model itu menarik untuk pasar lain juga atau tidak," kata Winterkorn.

Selain itu, dilaporkan VW juga sedang membangun dua model baru untuk Bugatti. Model pertama didukung oleh mesin bensin tradisional, sementara model lainnya akan hadir dengan hesin hibrida dan dengan performa lebih tinggi.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.