Sukses

Sepeda Listrik Tanpa Rantai Sukses Diciptakan

Sebuah pabrikan komponen otomotif asal Korea Selatan, Mando, ciptakan sepeda listrik tanpa rantai yang diberi nama Mando Footloose IM.

Liputan6.com, Seoul - Sebuah perusahaan sparepart otomotif asal Korea Selatan, Mando, ciptakan sepeda listrik tanpa rantai yang diberi nama Mando Footloose IM. Menurut Mando, sepeda ini tidak lain merupakan 'mobil listrik dengan dua roda'.

Menurut TS Lee, Executive Director, Smart Personal Mobility Division Mando, sepeda ini dibuat untuk memberikan alternatif transportasi kepada masyarakat.

"Kami ingin menciptakan cara baru untuk mobilitas orang orang, terutama di lokasi perkotaan," kata Lee sebagaimana dikutip dari Forbes, Selasa (30/6/2015).

Menurut Navigant Research, industri sepeda listrik ini sangat potensial di masa depan. Mereka memprediksi 47 juta e-bike akan terjual pada 2018. Dengan demikian, sangat baik jika ada perusahaan yang mulai sekarang serius mengembangkannya.

Perbedaan utama antara Mando Footloose IM dan sepeda listrik lainnya adalah desain chainless atau tanpa rantainya. Dengan sepeda ini, ayuhan kaki pengendara akan mengisi baterai lithium ion bertenaga 250 watt.

Ada pula LCD control unit sebagai pusat kontrol sepeda. Selain itu, alat ini juga menjadi semacam kunci sepeda. Saat LCD dilepas, maka sepeda tidak akan berjalan.

Sepeda listrik tanpa rantai ini menggunakan rangka aluminium yang dilapisi dengan material plastik. Secara desain, sepeda ini tampak begitu futuristik.

Adapun Mando menyediakan sepeda ini dalam lima pilihan warna yang sama-sama menarik, yaitu black, black-white, light blue, dark grey, dan white.

(rio/ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.