Sukses

Ganti Lampu Alarm Avanza, Mudah Kok!

Menggunakan mobil dalam jangka waktu lama pasti membuat pemiliknya jenuh. Terutama bila tampilan interior yang begitu-gitu saja.

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan mobil dalam jangka waktu lama pasti membuat pemiliknya jenuh. Terutama bila tampilan interior yang begitu-gitu saja.

Hendra Setionugroho, yang sudah sembilan tahun setia dengan Avanza punya punya trik bagaimana memberikan sedikit sentuhan agar mobil berkonfigurasi tujuh penumpang itu tampil lebih gress.

"Jadi suatu hari saya main ke dealer resmi Toyota dan melihat mobil display. Saat melihat interiornya, saya lihat lampu LED alarm model baru. Sementara model lama bulat," ujar Hendra yang berdomisili di Jakarta Timur kepada Liputan6.com.

Singkat cerita ia pun akhirnya kepincut dengan model baru LED alarm yang terletak di dashboard bawah. Tak berfikir lama Hendra akhirnya memutuskan untuk menerapkannya di Avanza.

Untung, dudukan lampu ternyata mirip dengan model lama. Hendra pun langsung membeli lampu LED alarm ke bagian spareparts dealer dengan harga Rp 50 ribuan per unit. Setelah menunggu tiga hari, lampu LED alarm baru sudah di tangan.

Menurut Hendra, cukup mudah mengganti komponen yang satu ini. Pertama katanya, lepaskan dudukan lampu LED alarm model lama dengan obeng minus kecil. Congkel bagian kiri-kanan dudukan dengan hati-hati, jangan sampai tergores. Setelah itu tarik keluar dudukan tersebut.

Alarm Mobil

Kemudian, lepaskan soket yang ada di balik lampu lama tersebut. Setelah itu, siapkan lampu LED alarm model baru. Yang perlu diperhatikan, dudukan soket belakang lampu baru sedikit berbeda, maka potong songketnya kemudian sambungkan secara manual ke kabel soket baru.

Anda juga bisa mengakalinya dengan menggunting sambungan soket dari alarm untuk disambung dengan kabel baru dari lampu LED baru. Jangan lupa berikan isolasi agar tidak mudah lepas.

Sebelum dipasang, pastikan dulu berfungsi dengan baik. Nah, bila sudah aktif sebagaimana mestinya pasang kembali lampu ke dudukan aslinya dan tampilan pun sedikit berbeda.

"Lumayan untuk sedikit refresh tampilan dashboard mobil kesayangan," ujar Hendra yang menjadi anggota AvanzaXenia Indonesia Club Chapter Halilintars dengan ID 2592 ramah. 

(msu/gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini