Sukses

Kenang Peristiwa 9/11, Pria Ini Koleksi 450 Mobil Damkar

Leider telah mengumpulkan truk damkar selama 13 tahun.

Liputan6.com, New York - Peristiwa penyerangan gedung WTC pada 9/11 menelan banyak korban jiwa. Otoritas berwenang mengerahkan banyak mobil dan petugas pemadam kebakaran (damkar) untuk melakukan evakuasi. Rupanya, aksi heroik ini menginspirasi seorang pria paruh baya bernama Andrew Leider untuk mulai mengoleksi mobil damkar.

Dilansir Autoevolution, Kamis (2/7/2015), pria berusia 63 tahun ini  mengawalinya dengan membeli sebuah truk damkar klasik. Leider telah mengumpulkan truk damkar selama 13 tahun dan jumlahnya kini mencapai 450 unit.

Untuk itu, ia telah menyiapkan tiga buah gudang di New York dan Pennsylvania untuk menampung ratusan truk damkar koleksinya.

"Setelah yang pertama hadir dan tak lama disusul yang kedua, sehingga ini segera menjadikan saya kecanduan. Masing-masing truk ini adalah sebuah karya seni," ujar Leider.

Dijelaskan, tidak semua truk damkar koleksi Leider merupakan merek baru, beberapa diantaranya bahkan ia beli di pusat rongsokan. Untuk sebuah truk damkar tersebut, Leider mengaku merogoh kocek hingga puluhan ribu dolar.

Diantara sekian banyak koleksinya, ada satu unit truk yang dipilih Leider untuk jalan-jalan. Truk ini telah mengalami sedikit modifikasi agar tidak melanggar hukum.



(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.