Sukses

Robot Pekerja di Pabrik Mobil VW Telan Korban Jiwa

Seorang teknisi meninggal dunia karena kecelakaan yang melibatkan sebuah robot di pabrik Volkswagen (VW) di Kassel, Jerman.

Liputan6.com, Kassel - Seorang teknisi meninggal dunia karena kecelakaan yang melibatkan sebuah robot di pabrik Volkswagen (VW) di Kassel, Jerman.

Dilaporkan Financial Times, kejadian terjadi ketika korban dan rekannya tengah memasang mesin. Tapi, tiba-tiba lengan robot menghantam bagian dada korban. Ia kemudian meninggal dunia karena cedera parah.

Saat ini, pihak yang berwajib masih menyelidiki bagaimana kecelakaan tersebut dapat terjadi. Sementara itu, rekan korban tidak terluka sama sekali.

Menurut sumber yang sama, kecelakaan --apalagi kematian-- akibat insiden dengan robot sangat jarang terjadi di pabrik modern seperti di Jerman. Apalagi, robot sudah diprogram untuk berada di jalur produksi, terutama robot berbobot ringan.

Juru bicara VW mengatakan bahwa robot yang dimaksud bukanlah robot generasi terbaru ini, melainkan robot besar yang ditempatkan jauh dari manusia. Diindikasikan, robot tersebutlah yang 'membunuh' pekerja muda ini.

Tetapi, VW juga mengatakan bahwa penyelidikan internal perusahaan menyebutkan bahwa robot itu pun tidak mengalami kecacatan teknis. Pabrikan asal Jerman ini meyakini kecelakaan terjadi semata karena human error.

 (rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini