Sukses

Ciri-ciri Ban Sepeda Motor Wajib Diganti

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban luar, baik mobil ataupun motor?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang menyepelekan kondisi ban kendaraannya. Padahal, ban adalah salah satu komponen paling penting dalam keselamatan berkendara. Ban yang masih terlihat bagus belum tentu belum saatnya diganti.

Lantas, kapan waktu yang sebetulnya tepat untuk mengganti ban? Dalam hal ini, terdapat beberapa kesamaan antara ban motor dan ban mobil. Kedua ban ini harus diganti saat alur kembang ban sudah menipis.

Selain itu, lihat pula apakah di sisi luar ban ada keretakan atau tidak. Lihat juga apakah ada benjolan atau tidak pada seluruh permukaan ban. Jika kedua hal itu terlihat, maka jangan ragu untuk segera mengganti ban luar.

Pada motor, salah satu indikasi yang menandakan ban harus diganti adalah ia tidak 'menggigit' saat melewati tikungan. Selain itu, jika jalan jelek dan bumping terlalu keras, hal itu juga menjadi tanda ban motor harus segera diganti.

Dilihat dari rentan waktu, maka sebaiknya mengganti ban motor, khususnya tubeless, setelah 1-1,5 tahun untuk ban depan dan 10-12 bulan untuk ban belakang.

Menjelang Hari Raya, sangat disarankan bagi para pemilik kendaraan bermotor yang akan menggunakan kendaraannya untuk mudik agar segera mengecek kondisi bannya. Jika sudah terlihat aus sedikit saja, maka jangan ragu untuk menggantinya. Sebab, kondisi ban yang prima adalah salah satu cara agar mudik Anda aman dan lancar.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.