Sukses

Bisakah Oli Mobil Dipakai untuk Motor?

Apakah bisa oli mobil digunakan untuk kendaraan roda dua alias motor?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pertanyaan yang paling sering dipikirkan pemilik kendaraan adalah, apakah bisa oli mobil digunakan untuk kendaraan roda dua alias motor? Sebelum menjawabnya, harus dibedakan dulu antara kopling kering dan basah.

Pada mobil, sebagian besarnya berkopling kering, atau tidak terendam cairan pelumas. Pada motor skutik pun demikian. Lain halnya dengan motor non skutik. Jenis tersebut dilengkapi dengan sistem kopling basah.

Pada sistem kopling basah, semakin licin pelumas maka semakin baik. Tetapi, untuk sistem kopling kering tidak demikian. Pelumas dengan tingkat kelicinan tinggi justru dapat membuat kopling slip dan tenaga dari mesin tidak tersalur dengan baik.

Kembali ke pertanyaan di muka, bisa atau tidaknya oli mobil digunakan pada motor tergantung jenis koplingnya. Dengan demikian, oli mobil dapat digunakan pada motor skutik, tapi tidak dengan motor non skutik.

"Karena skutik umumnya menganut model kopling kering, maka pemiliknya bisa dengan bebas memilih pelumas, bahkan menggunakan pelumas mobil yang terbaik dan termahal sekalipun," tulis laman Top1, dikutip Senin (6/7/2015).

Top1 menambahkan, harus juga disesuaikan antara spesifikasi pelumas dengan spesifikasi mesin. Ini bisa diketahui dengan cara melihat SAE (Society of Automotive Engineers) serta API service-nya.

Jadi, jika Anda pemilik motor non skutik, jangan pernah mencoba gunakan oli mobil. Jika ingin mesin awet, maka gunakanlah oli yang memang khusus untuk motor.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini