Sukses

Dua Lawan Tangguh Honda Sonic

Di dalam negeri, Honda bakal berhadapan langsung dengan Satria FU dan MX 150.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) dipastikan bakal memanaskan pasar bebek sport dalam negeri. Melalui sebuah video penggoda, pabrikan berlambang `sayap mengepak` ini menjanjikan bakal melepas model terbaru, Sonic, Agustus mendatang.

Untuk melahap lawan-lawannya, AHM tentunya sudah menyiapkannya matang-matang. Honda memang belum mau menyingkap spesifikasi senjata barunya tersebut. Yang pasti, model baru ini diharapkan mampu memperkuat cengkraman Honda di pasar roda dua.

Di dalam negeri, Honda bakal berhadapan langsung dengan Suzuki, yang telah tersohor dengan jawaranya, Satria FU. Belum lagi ada Yamaha dengan MX 150. Konsumen diuntungkan, makin banyak pilihan sepeda motor di jenis ini.

Nah, seperti apakah kemampuan duo lawan tangguh Honda Sonic? Berikut penjabarannya:

-- Suzuki Satria F 150

Satria F 150 yang mengusung cukup kuat bermain di segmen underbone 150 cc. Suzuki membekali Satria F dengan mesin berkapasitas 150 cc 4-langkah DOHC 4 valve dengan transmisi 6 percepatan serta menggunakan sistem pendingin oli silinder SCEM.

Suzuki Satria FU150

Berbeda dengan Jupiter MX 150 yang telah mengaplikasikan sistem injeksi, Suzuki masih setia menyematkan karburator sebagai pengabut bahan bakar dari Satria F 150.

Dengan mesin tersebut Suzuki Satria Black Fu Black Predator ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal sebanyak 14,7 Tk pada 9.500 rpm. Sedangkan torsinya dapat menghasilkan tenaga maksimal 12,4 Nm pada 8500 rpm.

Menyoal harga, Suzuki secara resmi menjual Satria F-150 dengan harga Rp 20,25 juta untuk tipe Black Predator yang menjadi varian tertinggi.

-- Yamaha MX 150

Yamaha menyebut generasi ketiga Jupiter MX ini sebagai "King Of Street". Disebut sebagai King karena beberapa faktor seperti style, performance, technology dan agility.

Sektor performance menjadi salah satu sisi utama pengembangan model baru ini. Pasalnya Jupiter MX kini mengusung mesin 150 cc dan meninggalkan mesin lawas berkapasitas 135 cc. MX 150 mengusung teknologi fuel Injection, liquid cooled, 4 stroke, SOHC, single cylinder, 4 valve, compact radiator, diasil cylinder, juga forged piston.

">(Foto: Septian Pamungkas/Liputan6.com)

Di atas kertas, mesin satu silinder ini mampu memproduksi tenaga 15,1 Tk pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Motor ini dibanderol  Rp 18,4 - 18,9 juta.

Sementara itu, Honda Sonic yang bakal melenggang Agustus nanti dikabarkan punya spesifikasi yang tak kalah dengan dua lawannya. Untuk harganya pun diperkirakan beda-beda tipis.

Berdasarkan perhitungan Liputan6.com, sepeda motor Honda dengan kode tersebut memiliki NJKB Rp 14,9 juta. Kemungkinan setelah ditambah biaya-biaya lain, penantang Satria FU ini bakal dibanderol 30-40 persen lebih tinggi dari NJKB. Praktis, AHM bakal memasang harga sekira Rp 19,4-20,8 jutaan, atau mungkin lebih murah? Patut ditunggu.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini