Sukses

BMW Pakai Truk Listrik untuk Angkut Logistik

BMW jadi pabrikan otomotif yang pertama menggunakan truk listrik.

Liputan6.com, Munich - Sebagai usaha mengurangi emisi udara, BMW dan SCHERM Grup kini menggunakan truk bertenaga listrik untuk mengangkut komponen antara dua manufaktur mereka di Munich. Pabrikan otomotif Bavaria ini mengatakan jika pihaknya menjadi yang pertama menggunakan truk listrik dengan kapasitas angkut 40 ton yang beroperasi di jalan umum.

Dilansir Carscoops, Rabu (8/7/2015), truk listrik ini dibangun oleh manufaktur asal Belanda, Terberg. Adapun kendaraan bongsor ini sudah menyelesaikan sesi test drive perdana dan resmi digunakan pada 7 Juli 2015.

Truk listrik ini akan bolak-balik delapan kali sehari antara pusat logistik SCHERM Group dan pabrik BMW Group di Munich, mengangkut komponen kendaraan seperti peredam kejut, per dan sistem kemudi.

Pihak BMW menyatakan jika truk ini akan secara eksklusif diisi tenaga listrik yang berasal dari energi terbarukan. Keunggulan yang ditawarkan pada truk listrik yang digunakan BMW antara lain bebas CO2, senyap, dan nyaris tidak menghasilkan partikel halus penyumbang polusi.

Baterai pada truk ini sanggup menyimpan tenaga listrik untuk perjalanan sejauh 100 kilometer. Untuk pengisian energi listriknya butuh waktu selama tiga sampai empat jam dan secara teori mampu berjalan seharian penuh dengan baterai terisi penuh.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini