Sukses

Volkswagen Golf TDI Clean Diesel Jadi Mobil Terhemat di Dunia

Volkswagen Golf TDI Clean Diesel berhasil meraih Guinness World Record sebagai mobil non hibrida dengan konsumsi bahan bakar terendah.

Liputan6.com, Detroit - Volkswagen Golf TDI Clean Diesel berhasil meraih Guinness World Record sebagai mobil non hibrida dengan konsumsi bahan bakar terendah alias paling hemat.

Satu hari sebelumnya, rekor yang serupa dibuat oleh Honda Civic Tourer i-DTEC yang berhasil menjadi mobil berbahan bakar terendah. Bedanya, kategori keduannya berbeda, Volkswagen Golf TDI berada pada kategori mobil diesel.

Seperti yang dilaporkan Worldcarfans, Jumat (10/7/2015), untuk merebut rekor tersebut, VW Golf TDI Clean Diesel ini melakukan 16 hari perjalanan mengelilingi Amerika Serikat (AS).

Mobil hatchback ini berhasil mencatatkan konsumsi bahan bakar 2,89 liter/100 km. Catatan ini lebih baik sekira 1,2 km dibanding yang sebelumnya dicatatkan oleh Honda Civic Tourer i-DTEC yang mengelilingi Eropa.

Adapun VW Golf ini dikemudikan oleh jurnalis otomotif bernama Wayne Gerdes dan Bob Winger yang bergelar insinyur elektronik. Adapun bahan bakar yang mereka gunakan adalah Shell Ultra Low Sulphur Diesel.

"Mesin TDI Clean Diesel Volkswagen sangat menakjubkan," kata Wayne Gerdes. Ia juga menambahkan, hanya sedikit orang yang akan menyadari potensi jarah tempuh yang bisa didapatkan dari mobil ini.

Selain persoalan mesin VW Golf sendiri, pemecahan rekor ini juga dimungkinkan karena adanya beberapa part lainnya yang membantu. Di antaranya adalah ban Goodyear Assurance Fuel Max yang buat mesin lebih hemat lagi. 

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini