Sukses

Pura-pura Jual Mobil, Orang Ini Diburu FBI

Seorang pria menipu banyak orang dengan pura-pura jual mobil. Kini, ia diburu FBI akan menghadiahi orang yang bisa menemukannya.

Liputan6.com, Washington - Modus pencurian kendaraan bermotor atau hal-hal yang berkaitan semakin banyak. Bahkan, di Amerika Serikat (AS) sana, ada penjahat yang berhasil kumpulkan uang hingga jutaan dolar dari praktik kriminal tersebut.

Orang tersebut adalah Nicolae Popescu. Ia bukanlah pencuri mobil, bukan juga penadah dari tangan pencuri, melainkan seorang penipu yang pura-pura berjualan mobil di situs jual beli kendaraaan seperti Cars.com dan Autotrader.

Menurut laman Washingtonpost, modus Popescu cukup lihai dan sederhana. Ia pura-pura menjual mobil di situs, lalu saat ada yang tertarik, ia akan mengirimkan faktur palsu. Pembeli pun mentransfer uang tanpa pernah mendapatkan mobil yang dibelinya.

Modus tersebut membuat Popescu berhasil raup uang hingga US$ 3 juta atau sekira Rp 39,94 miliar (Kurs: Rp 13.315/US$). Ia pun menjadi buruan nomor dua teratas pelaku kejahatan dunia maya oleh FBI.

Popescu tidak melakukan kejahatan cyber ini sendirian. Ia memiliki beberapa anak buah. Tahun 2012 lalu, enam di antaranya berhasil di tangkap. Surat perintah penangkapan bagi Popescu keluar di tahun yang sama.

Saat ini, buronan yang juga dituduh melakukan pencucian uang dan pemalsuan parpor ini disinyalir ada di Rumania. FBI akan memberikan hadiah sebesar US$ 1 juta atau sekira Rp 13,3 miliar yang berhasil menemukannya.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.