Sukses

Perawatan Motor Sebelum Ditinggal Mudik

Berikut adalah beberapa perawatan motor yang harus dilakukan sebelum ditinggal mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mudik menggunakan kendaraan roda dua, namun tidak sedikit yang enggan menggunakan sepeda motor untuk mudik lebaran. Mereka lebih memilih kendaraan umum dengan beragam alasan. Kendaraan roda dua pun akan ditinggal di rumah masing-masing dalam waktu yang lama.

Kebanyakan dari pemilik motor tersebut membiarkan begitu saja motor ditinggal tanpa perawatan tertentu. Padahal, itu tidak tepat. Misalnya, saat akan digunakan lagi, starter akan sulit atau bahkan beberapa bagian motor akan berkarat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa perawatan sebelum meninggalkan motor sebelum mudik:

Perawatan pertama yang dapat dilakukan sebelum meninggalkan motor adalah mengganti olinya. Setelah itu, panaskan mesin motor agar oli tersirkulasi ke seluruh bagian. Ini berguna agar bagian mesin tidak berkarat.

Kedua, isi bensin hingga penuh. Sama dengan oli, perawatan ini berguna agar tangki minyak Anda tidak berkarat selama ditinggalkan. Saat akan digunakan, pastikan kuras bensin lama dan isi dengan yang baru. Sebab, bensin yang terlalu lama berada di tangki tanpa digunakan biasanya membuat performa motor berkurang.

Ketiga, cabut aki motor. Ini berguna untuk menghindari aki soak. Keempat, kuras air radiator dan ganti dengan yang baru. Tips ini gunanya sama seperti poin sebelumnya.

Kemudian, ada baiknya pula menyimpan motor dalam keadaan standar ganda. Untuk motor sport, gunakanlah paddock atau dongkrak. Terakhir, pastikan motor sudah dikunci dan tutupi motor dengan terpal agar tetap bersih.

Selamat mencoba dan selamat mudik!

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini