Sukses

Tinggalkan Motor Saat Mudik? Lakukan Dulu Perawatan Ini

Berikut adalah beberapa perawatan yang harus dilakukan sebelum meninggalkan motor saat mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum mudik adalah kondisi kendaraan yang ditinggalkan, misalnya sepeda motor. Meninggalkan motor begitu saja tanpa perawatan akan membuat performa motor menurun.

Karena itu, motor yang Anda tinggalkan harus mendapatkan perawatan dulu sebelum sebelum ditinggal dalam waktu lama. Apa saja perawatan tersebut? Safety Riding Analyst dari Astra Motor, Michael Gerald Gozal, membagikan tipsnya untuk Anda.

Pertama, usahakan agar motor tetap dalam keadaan kering dan bersih. Ini berguna untuk menghindari korosi atau karat selama Anda berada di kampung halaman.

Kedua, sebaiknya isi bensin sampai penuh, atau sebaliknya, kosongkan bensin sama sekali. Ini berguna untuk menghindari karat yang berasal dari bensin yang menguap. Ketiga, cabut aki motor. Aki yang terus terhubung akan cepat soak

Keempat, simpan motor di dalam ruangan agar tidak terkena panas atau sinar matahari langsung serta hujan. Kelima, simpan motor dengan standar ganda. Akan lebih baik jika lantai yang menyentuh ban dilapisi kayu agar ban tidak cepat kempis.

Kemudian, pastikan motor sudah dikunci dengan aman. Tutup motor dengan terpal atau tudung yang sudah didesain khusus untuk motor.

Terakhir, jangan langsung menghidupkan dan membuka gas secara berlebihan saat motor untuk pertama kalinya dinyalakan lagi. Sebab, saat itu oli belum bersirkulasi sempurna serta mengendap di bawah mesin. Gunakan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.